Hayu, Balakécrakan di Punclut!

Balakécrakan adalah bahasa Sunda, yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia artinya kegiatan berkumpul bersama sambil makan-makan dalam suasana yang riang gembira, kurang lebih begitulah. Maka, tidak berlebihan bila nama Balakécrakan dijadikan salah satu tempat makan di Bandung.

image

Bertempat di ketinggian kota Bandung, tepatnya di Punclut-Ciumbuleuit, Balakécrakan menjadi tempat alternatif untuk bersantap sambil menikmati akhir pekan. Bila Anda datang dari luar kota Bandung, makan di PvJ atau Ciwalk, mungkin sudah biasa. Di Jakarta atau dikota besar manapun, mungkin makan di Mall ya begitu-begitu saja. Jadi, makan di tempat ini boleh dijadikan alternatif pilihan.

Tempatnya sedikit lebih atas dari Rumah Makan Sangkan Hurip, atau rumah makan yang biasa berjejer di Punclut pada umumnya. Jadi, kalo sudah di Sangkan Hurip, lurus terus nanjak ke sebelah utara. Tempatnya di sebelah kanan, tinggal cari saja yang bertuliskan Balakécrakan.
image

Begitu tiba di tujuan, kita mendapati tangga turun menuju tempat makan dan gazebo. Tangga dari kayu ini mengkuatkan suasana tradisional. Kita melewati beberapa kandang ayam kate dan kandang burung, serta taman yang dirawat cukup baik. Cocok bagi keluarga yang membawa anak kecil, bisa sambil melihat-lihat kandang burung.

image

Ada satu ruangan terbuka cukup besar seperti aula, dengan meja dan kursi, yang sebagian menghadap pemandangan Kota Bandung. Tapi, bila kita lebih suka lesehan di saung  dan gazebo kita bisa masuk lebih dalam lagi.
image

image

Banyak pilihan gazebonya, ada untuk 2 orang, 4-6 orang, bahkan yang lebih besar dari itu pun ada, gazebo untuk 10-20 orang. Pemandangan cukup bagus, karena rumah makan ini posisinya lebih tinggi dari rumah makan Punclut pada umumnya.

image

image

Kalo sudah dapat tempat yang cocok, bisa pesan menu makan. Biasanya buku menu diambil sendiri ke ruang besar seperti aula tadi. Tapi, kalaupun tidak, akang-akangnya pasti membantu.
Menu yang disajikan disini tentu saja menu khas sunda. Kita bisa memesan nasi timbel komplit, nasi merah boboko, ayam goreng, karedok leunca, jengkol goreng, ikan asin, sambal lalap dan aneka hidangan sunda yang lain.

image

Nasi merah dengan karedok dan ayam bumbu hejo, jengkol goreng dan sambel dadakan.

image

Karedok Leunca

image

Lotek sayuran dengan bumbu kacang yang lekooohh.

image

Hayam bungbu cabe hejo

image

Soal harga, jangan khawatir karena hampir sama dengan tempat makan yang berjejer di Punclut pada umumnya. Dengan harga terjangkau, kita sudah bisa makan kenyang lengkap dengan lauk pauk dan minum jus. Ditambah dengan suasana yang hijau dan adem. Bila malam hari, pemandangan sangat indah, karena kota Bandung  tampak berkelap kelip bagaikan hamparan berlian yang menawan. Persiapkan jaket bila kita,memilih makan malam disini, jangan sampai tersiksa hawa dingin karena  masih ingin berlama-lama karena suasananya betah buat ngadem.
:)

2 thoughts on “Hayu, Balakécrakan di Punclut!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s