Melatih Mata Fotografi

Pernahkah kamu melihat sebuah benda biasa saja, tapi dimatamu benda itu sangat menarik. Dimana letak menariknya?? Pernahkah kamu, melihat sebuah benda yang biasa saja, tapi bila dipandang dari sudut yang berbeda, benda tersebut tampak menakjubkan. Naahh, kenapa tidak jika kamu mengabadikan ‘penemuan’ beda sudut pandang tersebut menjadi seni fotografi. Yuk, kita asah ‘mata fotografi’ kita, supaya lebih peka dengan bentuk2 abstrak tak sengaja, yang kadang menakjubkan🙂

image

Seperti ini contohnya. Menurut saya, hasil fotonya menjadi multitafsir. Orang yang melihat bisa menafsirkan apapun, sesuai imajinasi dikepala masing-masing. Ini adalah gelas pelastik (cup)  yang biasa dipakai untuk kopi seduh. Umumnya orang menyebut aqua gelas. Setelah diisi dengan air panas, dan dilihat secara vertikal tegak lurus, maka bentuk yang dihasilkannya sungguh diluar dugaan. Cantiikk…. Kerreenn kan??

image

Begitupun mana kala saya melihat bayangan pada gelas beling, bayangannya membentuk sesuatu yang baru, unik dan saya juga tidak menyangka, bahwa penampakannya kadang ajaib.

image

Naaah, selain pada gelas beling dan bayangannya, hal unik yang tak sengaja saya dapatkan pada sedotan. Iya, sedotan. Tetiba saya merasa bahwa sedotan itu juga bisa unik. Dari mana uniknya?? Ini dia….

image

Bahkan, jika dilihat secara saksama, rokok yang biasa disimpan dlm gelas pun menjadi tampak ‘nyeni’ bila kita bisa menangkap objeknya dengan benar. Penglihatan ini pun saya dapatkan secara tak sengaja, ketika melirik dari sudut yang berbeda….
image

Mungkin memang betul bahwa sudut pandang ‘seni’ itu berbeda-beda setiap orangnya. Kita juga tidak bisa memaksakan untuk menyamakan persepsi bahwa yang menurut kita bagus, maka orang lain pun akan berkata sama. Minimal, kita mencoba saja dulu. Melatih ‘mata fotografi’ sehingga nantinya akan terbiasa. Dan disetiap satu objek foto yang bagus, terdapat sepuluh bidikan yang biasa saja, blur atau bahkan gagal. Jadi, teruslah berlatih. Selamat mencoba…🙂

2 thoughts on “Melatih Mata Fotografi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s