Kupu-kupu, Kemana Engkau Terbang…

Kupu-kupu merupakan bentuk akhir dari proses metamorfosa. Terbang kesana-kemari, seolah menari-nari dalam iringan hembus angin. Warna kupu-kupu sangat beragam, begitupun dengan motifnya yang indah. Tentu saja, tergantung jenis dan spesiesnya. Tapi rata-rata, sayap kupu-kupu memiliki warna dan motif yang memukau.

Sebagai orang yang bekerja di luar ruangan, saya lebih banyak kesempatan menemukan kupu-kupu. Saya merasa beruntung bisa membidik kupu-kupu, walau hanya dengan kamera ponsel. Saya membuat jurnal sederhana tentang pengalaman memotret kupu-kupu disekitar tempat saya bekerja-jalan Ganesha!

image

Kupu-kupu cantik ini hinggap di cooler box yang sewarna dengan sayapnya. Entah mungkin maksudnya penyamaran atau apa, tapi saya bisa dengan mudah membidik si cantik ‘rasa jeruk’ ini.

image

Kupu-kupu macam apa yang hinggap di kanebo, dan hinggap disana dalam waktu yang agak lama?? Mungkin kupu-kupu kecapean, atau kupu-kupu yang tidur tidak pada tempatnya. Hahaha….

image

Kupu-kupu kecil ini hinggap di semak. Saya agak mengendap-endap untuk memotretnya. Bergerak sedikit saja, kupu-kupu ini langsung kabuuurrr…. Untungnya detail dan motif sayapnya masih tertangkap dengan baik dan jelas.

image

Hinggap dibagian atas ranting, membuat saya sangat kesulitan membidik kupu-kupu ini. Saya naik ke atas kursi sambil jinjit dan menahan nafas. Untungnya tidak sampe gemetar, jadi hasilnya masih tetap fokus. Dan menurut saya, hasil fotonya cukup memukau!

image

Diantara rumput dan dedaunan kering, ada juga kupu-kupu hinggap, atau mungkin tersesat. Sebenarnya kupu-kupu ini cantik, tapi sayang sayapnya sudah terkoyak…

image

Pada saat terbang, kupu-kupu lincah ini memiliki warna biru-keunguan dibagian tengah sayapnya. Tetapi pada saat hinggap dan sayapnya menutup, yang tampak hanya warna coklat, dengan titik putih. Saat dibidik, kupu-kupu ini tampak mematung dengan anggun….

image

Tampaknya kupu-kupu jenis ini yang paling banyak hilir mudik di sekitar jalan ganesha. Kupu-kupu ini tidak takut mendekat, bahkan hinggap di cooler box, memamerkan sayapnya dengan congkak.

image

Demikian jurnal sederhana ini, semoga menjadi semangat tersendiri untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Lakukan cara termudah dan sederhana untuk kelangsungan eksistensi kupu-kupu.🙂

Tinggalkan Balasan

