Menyusun, Menata, Memotret

Saya sering membentuk dan menata benda-benda yang ada disekitar kita, trus memotretnya. Memang sih, seperti gak ada kerjaan… Tapi ada kepuasan tersendiri saat melihat komposisi dan kombinasi yang tepat menghasilkan gambar yang ‘wah’ atau tidak terduga.

Memang betul, kata ‘wah’ yang saya maksud akan berbeda pada setiap orang. Tapi minimal, hasil foto yang ‘wah’ menurut saya berarti sesuatu yang ‘nyeni’. Lagi-lagi ini pun absurd, karena belum tentu menurut sudut pandang orang lain. Well, silahkan berbeda pendapat, berbeda opini, asalkan positif. Inilah photo-photo yang saya maksud….

image

Mangkuk dan Sendok
Disekitar tempat saya bekerja, ada tukang bubur ayam. Mangkuk, sendok, dan motif meja-nya yang seperti papan catur menginspirasi saya untuk memotretnya. Sambil duduk-duduk mengobrol, saya mulai menyusun sendok dan mangkoknya. Hasilnya…. Voillaa..!!
image

Garpu Pelastik
Kita sering menjumpai garpu pelastik kecil, yang biasa digunakan untuk puding atau kue. Naahh dibenak saya, garpu-garpu itu yang tersimpan dalam gelas pelastik itu tampak menarik loh….🙂

image

Menyusun cangkir-cangkir kecil sedemikian rupa, dan membentuk piramid atau bentuk lain, adalah iseng yang ‘sangat iseng’. Berdalih karena ini adalah seni, maka saya pikir ini sah!

image

Ini adalah seperangkat alat yang biasa dipakai oleh penjual es pisang ijo. Semacam tupperware plastik sebagai tempat menyimpan vla dan 4 sendok sayur yang-entahlah-lagi-lagi-menurut menurut saya ini seni. Setujuuu??

Pernah juga, menemukan gelang pelastik, yang bentuknya ulir kayak kabel telepon. Saya pasangkan pada segelas air cup kemasan dengan posisi terbalik. Tambahkan sebuah tutup botol warna merah, diatasnya. Hasilnya, cukup membuat pangling juga….

image

Cricket pun, menurut saya bisa menjadi objek yang menarik. Warna-warna Cricket yang cerah-elektrik, saling bertabrakan, mencolok mata. Tapi, kalo disimpan dalam gelas kecil seperti ini, bagus juga….

image

Demikian sedikit pengalaman saya, yang iseng merancang bangun benda-benda disekitar, hanya untuk kepuasan memotret semata. Yihaa…!!

Tinggalkan Balasan

