Mengapresiasi Album Terbaru Marcell : Platinum Playlist

Membaca kabar launching album terbaru Marcell yang di posting dibeberapa website hiburan, membuat saya penasaran. Seorang teman mengabarkan melalui chitchat, bahwa dia sudah me-review lagu-lagu di album Marcell via iTunes. Katanya, lagu2nya kereenn.

Jadi makin penasaran. Apalagi, beberapa single-nya sudah lebih dulu release di radio2, seperti Tak Kan Terganti yang pernah populer oleh Dea Mirella dan Mau Dibawa Kemana yang dipopulerkan oleh grup Band Armada, menjadi hit kembali oleh Marcell, dan lagu tersebut ada di album ini.

image

Jumat sore, 31 Mei, saya dan seorang teman yang interest dengan album Marcell #PlatinumPlaylist, mulai berburu ke KFC terdekat. Kami memilih KFC Ciwalk, di Cihampelas. Sayang banget, usaha kami bermacet-macet menuju Ciwalk, sia-sia….karena di KFC Ciwalk, CD Marcell tersebut belum ada (atau habis ya?). Yang jelas, kami tidak mau diganti dengan CD lain.

Perburuan dilanjutkan ke KFC Merdeka. Sebelumnya kami tanyakan dulu via telepon mengenai ketersediaan CD Marcell #Platinum Playlist, begitu dikatakan ‘iya, ada’ kami langsung meluncur ke KFC Merdeka.
image
Tak lama setelah tiba di KFC Merdeka, kami memesan paket + CDnya. Setelah selesai menikmati menu paket KFC, kami tidak nongkrong dulu, tapi kami bergegas pulang, ingin mereview album ini versi kami masing-masing.

image

Begitu membuka segel CDnya, saya langsung memperhatikan sampulnya. Hmmm, langsung memaklumi, mengapa materi kertas CD ini tampak tipis dan sederhana. Hal ini berbanding terbalik dengan foto-foto yang ditampilkan, menyuguhkan ‘citra’ Marcell yang berkelas dalam balutan Hugo Boss dengan gambar artistik high quality… Yah, namanya juga ‘paket ayam’ hatur lumayaaannn😉

image

Dan inilah review Album Marcell #PlatinumPlaylist, menurut versi saya…

1. Setia
Lagu rancak yang pernah dipopulerkan penyanyi legendaris Chrisye, dibawakan Marcell dengan fresh. Arransemennya benar-benar fresh dan modern. Entah memang sengaja, atau bagaimana, saya masih merasa ada cengkok atau aksen Chrisye di lagu ini.

2. Demi Waktu
Marcell berhasil menyihir saya di lagu yang sebelumnya dipopulerkan oleh grup band Ungu. Lagu ini menjadi benar-benar berbeda dari versi sebelumnya. Arransemen vokal yang bagus, benar-benar menggiring saya pada kenyataan bahwa Marcell adalah satu dari sedikit penyanyi pria-solo Indonesia yang hebat….

3. Maaf
Jika sebelumnya Jikustik membawakan lagu ini dengan nuansa ballads. Di tangan Marcell, lagu ini berbeda. Arransemen musiknya lebih dinamis dengan menambahkan bebunyian elektronis. Tetap bagus, tetap keren, tetap cihhuuyy…

image

4. Hampa
Tidak usah diragukan lagi, bahwa sebelumnya Ari Lasso memberi karakter kuat pada lagu ini. Hebatnya, Marcell bisa ‘keluar’ dari image Ari Lasso. Marcell membuat lagu ini seperti miliknya sendiri, dengan caranya sendiri, dengan ciri khas seorang Marcell. Kereeen!

5. Kini
Lagi-lagi, Marcell membuktikan bahwa lagu-lagu yang dinyanyikannya adalah hasil apresiasi sebuah seni. Bagaimana tidak, lagu yang sebelumnya dinyanyikan Rossa ini terdengar berbeda, terdengar khidmat dalam balutan musik orkestra yang apik, mewah dan sangat elegan.

6. Kita
Apabila Sheila on 7 membawakan lagu ini dengan sederhana, dan dibuat dengan warna musik retro, tidak demikian dengan Marcell. Arransemen musiknya sangat modern dengan sentuhan disko dan tambah sound effek. Walaupun tetap dengan ciri khasnya, Marcell tidak banyak merubah melodi pada arransemen vokal di lagu ini.

7. Naluri Lelaki
Hampir sama seperti di lagu So7, di lagu milik Samson inipun, Marcell tidak banyak berimprovisasi pada arransemen vokal. Hanya pada musik yang dibuat berbeda.

image

8. Bahasa Kalbu
Sepertinya Marcell mengukuhkan diri sebagai penyanyi yang pintar mengaransemen lagu-lagu bertempo lambat. Lagu romantis milik Titi DJ ini dinyanyikan ulang Marcell dengan karakter yang beda. Menymak bait pertama dilagu ini, langsung terasa : ooh berbeda…

9. Khayalan Tingkat Tinggi
Saya tidak melihat sesuatu yang istimewa dilagu ini. Cara Marcell menyanyikan lagu ini juga hampir sama dengan Ariel Peterpan. Hanya di musiknya saja yang berbeda. Marcell membuat musiknya menjadi sedikit bernuansa disko.

10. Tentang Sesorang
Lagu yang menjadi soundtrack AAdC, dan populer tigabelas tahun lalu. Ditangan Marcell, lagu ini diberi sedikit sentuhan jazz, sehingga menjadi lebih bosanova. Takarannya pas, dan dilagu ini, Marcell berada dizona yang tepat.

11. Takkan Terganti
Nah, di lagu ini Marcell kembali unjuk gigi sebagai penyanyi yang mahir mengulik lagu galau. Lagu yang sebelumnya dinyanyikan Dea Mirella dengan nada-nada tinggi yang sulit dijangkau. Tidak demikian adanya dengan Marcell, yang menyanyikan lagu ini dengan nada yang lebih bersahabat. Tanpa harus mengeksplorasi nada tinggi, lagu ini tetap menjadi enak dan memiliki ruh yang kuat ala Marcell.

12. Sisa Semalam
Adalah sebuah pilihan cerdas, memilih lagu Sisa Semalam milik Java Jive. Lagu ini cocok dinyanyikan solo, meskipun pada versi aslinya Fatur & Danny Sprit menyanyikannya dengan duet. Keseimbangan aransemen yang dibuat orkestra dan improvisasi vokal, membuat lagu ini tetap ‘kaya dengan harmoni ‘ walaupun dinyanyikan secara solo.

13. Mau Dibawa Kemana
Marcell memasukan sedikit unsur jazz yang chillout di lagu bernada melayu milik Armada. Terlihat jelas, bahwa Marcell menggiring lagu ini menjadi lebih ‘mewah’. Arransemen yang ‘cool’ membuat lagu ini seakan naik kelas bila dibandingkan versi aslinya.

image

Demikian review saya untuk album Marcell terbaru #PlatinumPlaylist. Secara keseluruhan, album ini keren. Arransemen musik yang fresh, mixing yang rapi. Marcell tampak piawai mengaransemen vokal, pun pada improvisasi tampak sangat menawan. Terlepas masalah selera, rasanya album ini layak diperjuangkan untuk dimiliki dan dikoleksi. Silahkan, dinikmati, dan rasakan, bahwa sebenarnya album ini mengedukasi pada selera dan citarasa musik Anda.
🙂

One thought on “Mengapresiasi Album Terbaru Marcell : Platinum Playlist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s