Bunga Telang, si Biru nan Elok!

image

Bunga Telang adalah kembang yang berasal dari Asia. Kembang bernama latin Clitoria Ternatea ini konon tumbuh subur di tepi hutan atau semak di negara-negara tropis. Memiliki bunga berwarna biru terang, sangat indah apabila dijadikan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah.

Di negara tetangga, Malaysia kabarnya ekstrak Bunga Telang dijadikan campuran untuk pewarna alami pada makanan. Hidangan dengan campuran ekstrak Bunga Telang akan berwarna biru. Biasanya dicampurkan pada nasi atau ketan. Sedangkan di Thailand, ekstrak Bunga telang juga digunakan sebagai pewarna alami pada minuman atau syrup, sehingga menghasilkan warna biru terang yang alami.

Adalah Dewi Lestari yang beberapa waktu lalu melalui akun twitternya @deelestari menulis tweet tentang Bunga Telang. Pesohor yang terkenal lewat buku-bukunya yang luar biasa itu berkicau tentang pewarna alami berwarna biru, dari Bunga Telang. Dewi Lestari pun pernah menceritakan tanaman-tanaman yang dirawatnya, termasuk Bunga Telang tersebut. Saya lalu iseng, mention kepada beliau, menanyakan bibit Bunga Telang. Menurut Dewi Lestari Bunga Telang itu didapatnya dari pedagang bunga di pasar-pasar bunga pada umumnya.

Sejak saat itu, setiap saya mampir ke tempat penjual kembang, saya selalu iseng mencari atau tanya-tanya pada penjualnya barangkali ada tanaman Bunga Telang. Tidak pernah ada. Pun pada saat saya melihat tanaman2 atau pekarangan orang, yang dirawat dengan baik saya berharap diantaranya ada kembang berwarna biru terang itu. Tapi tetap tidak ada. Begitupun saat berjalan di perkampungan yang masih ada sawah dan semak, selalu diperhatikan dengan saksama, barangkali saja Bunga Telang itu terselip diantara bunga liar disekitarnya. Tapi, ternyata tidak juga.

Sekali waktu, saat saya sedang hunting foto untuk sebuah kompetisi ilusi perspektif yang diadakan oleh sebuah produk mie instan cup, secara tidak sengaja mata saya menangkap bunga cantik berwarna elok ini di Jl. Kejaksaan antara Lembong menuju Naripan. Tanaman ini tumbuh merambat dengan cantik pada pagar. Takjub dengan keelokan warnanya, saya-yang sudah berlalu beberapa langkah- berhenti sejenak. Saya kembali mundur beberapa langkah. Mengamati. Apakah benar, ini bunga yang selama ini saya idamkan?? Reflek, saya langsung memotretnya. Rasanya sangat bergairah menemukan objek foto yang cantik, dengan cara yang tidak disengaja. Setelah puas memandanginya, saya mulai memperhatikan keadaan pemilik rumah. Tampak Sepi. Tidak tampak siapapun di halaman rumah. Wah, bagaimana caranya saya ingin meminta sedikit saja tanaman yang selama ini saya cari-cari. Saya perhatikan lagi tanaman yang merambat dengan anggun di pagar itu. Ahaa…. Bijinya! Saya melihat, tanaman ini berbiji seperti petai cina atau kalo dalam bahasa sunda biasa disebut Peutey Selong. Yap, mirip Petai Selong, tapi ini versi kecilnya. Panjangnya sekitar 8cm dengan lebar kurang dari satu senti. Lebih mirip sebesar sedotan yang dipipihkan dengan panjang setelunjuk saja. Karena tidak tau, kudu minta izin pada siapa, maka sayapun memetik 2 helai biji yang-menurut saya-agak tua dan bisa dibibitkan. Waktu itu sih, cuma dipilih dengan diraba yang mana diantara biji-bijinya itu yang bulirnya tampak lebih menonjol. Seperti halnya kalo kita memilih beli pete. Akhirnya, saya ambil dua helai saja. Walaupun saat itu belum yakin, kalo ini adalah Bunga Telang, tapi saya merasa senang. Kalaupun ini bukan Bunga Telang, tetap akan saya tanam. Bahagia sekali
image

11 thoughts on “Bunga Telang, si Biru nan Elok!

      1. gan biar cepet tumbuh itu kembang teleng nte silet/lukai dikit bijinya biar air bisa masuk,,, terus nte rendem dulu pakai air semalem biar cepet kecambahnya,, terus nte tanem di media cocopeat + media kompos 1 :1 ,ane beli di a*e hardware media itu,,, sorry suhu kalau sotoy soktahu,,,

  1. Gan ane nitip info dagang ya……..

    Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan anda mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 75 bunga, 100 bunga, dan 200 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 – 3 bulan dengan ketinggian 15 cm- 30 cm
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga dan bunga bisa langsung anda petik sendiri.
    Silahkan bagi yang berminat dan ingin segera memiliki, hubungi kami melalui telepon/SMS ke nomor :
    081384824904
    BB :
    KC Nursery
    Christo

    DAPATKAN BERBAGAI MACAM KHASIAT DAN KEGUNAAN KEMBANG TELENG DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI ANDA….

  2. Tersedia Bunga Teleng Kering
    Kemasan isi 220 bunga
    Kunjungi atau hubungi kami :
    0MAH COLOMADU
    Fransiska Anni
    081548649707
    Perum Cempaka Asri I
    Banukan Colomadu
    Karanganyar
    Dekat dari Kartosuro
    Dekat ke perempatan Colomadu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s