Sedikit Tips Mengisi Libur Lebaran di Bandung

Lebaran sudah di depan mata, hanya tinggal menghitung hari. Naaah, buat kalian yang mudik,ke kota Bandung  tercinta, tentu kalian sudah punya segudang rencana dalam menghabiskan libur lebaran. Buat kalian  yang tidak mudik, alias orang Bandung asli, seperti saya tentunya – jangan  habiskan waktu cuma buat tiduran di rumah, sesudah bersilaturahmi ke orang-orang tercinta atau berziarah ke makam keluarga.

Kota Bandung cukup kaya dengan tempat-tempat menarik, yang bisa di eksplore. Apalagi, jika kalian hobi foto-foto. Ada banyak spot yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Dari mulai Gedong Sate,  menikmati suasana jalan Braga atau memotret bangunan-bangunan art deco di Jl. Asia Afrika.

Begitu juga dengan kuliner & jajanan, bisa dipuas-puasin di Bandung. Dari mulai jajanan pinggir jalan seperti batagor, lumpia basah, cireng  isi, hingga cilok goreng. Rumah makan dan restoran pun tidak kalah banyaknya, dari mulai restoran steak, ramen, sushi hingga restoran korea, banyak tersebar di Bandung.

Saya pikir, banyak orang luar kota yang datang ke Bandung saat liburan dan liburan mereka gagal. Ya, gagal! Mereka, tidak mendapatkan apa yang mereka mau, saat berkunjung ke Bandung. Belum  apa-apa sudah terjebak macet sejak pintu tol pasteur. Begitu keluar tol, disambut macet yang luar biasa panjang sejak dari Pasteur, Sukajadi, PvJ, Setiabudi, hingga Lembang. Alih-alih mendapatkan liburan yang menyenangakan, yang ada malah jengkel, kesal dan lelah saja.

Berikut adalah persiapan mengisi liburan di Bandung, versi saya :
1. Kendaraan, dalam hal ini sepeda motor. Ini adalah faktor utama yang sangat menentukan mobilitas kita selama mengisi liburan. Selain untuk menghindari macet, sepeda motor dirasa lebih efektif, lebih praktis, lebih cepat sampai lokasi walaupun kalo hujan, agak repot juga sih.

2. Tentukan destinasi yang kita inginkan, apakah mau wisata kuliner, mencari objek foto bangunan art deco yang bersejarah, belanja di distro ternama, taman kota atau meuseum dan lain sebagainya. Kalo perlu, cari tahu dulu informasinya via internet mengenai spot2 yang menurut kita menarik. Satu hal yang harus kita maklumi, kalo ternyata spot yang ingin kita datangi itu ternyata masih tutup (terutama kuliner), yaahh namanya juga lebaran, kaaan?

3. Persiapkan kamera, smartphone dan powerbank. Ajak teman atau sudara yang memiliki interest yang sama, ini sangat membantu jika kamu ingin difoto ditempat tertentu. Lumayan, ada yang fotoin😀 Jika kamu dari luar kota, kamu bisa ajak saudara atau kenalan kamu untuk membantu sebagai guide tour, dan sekalian meminjam motor atau mengantarkan ke tempat-tempat yang ingin dituju. Kamu harus tau diri juga dong, kalo kamu sudah pinjam motornya :p dan tentu saja bawa uang secukupnya.

Pengalaman saya berjalan-jalan di hari libur lebaran, cukup menyenangkan. Jalanan cenderung lengang, lancar jaya deh pokoknya. Hindari pusat-pusat kemacetan seperti pemakaman umum (terutama hari pertama lebaran) seperti Jl. Cikutra, Jl. Caringin, Jl. Baladewa (Pajajaran). Hindari tempat wisata massal, seperti Kebun Binatang Bandung (Jl. Tamansari, Ganesha, Jl. Siliwangi, dan sekitarnya).

Selamat mencoba!

8 thoughts on “Sedikit Tips Mengisi Libur Lebaran di Bandung

  1. Mas klo nginap di hotel 101 juanda strategis nggak? Apakah dago macet jg saat lebaran h1 dan h2?

    Tempat menginap yg terhindar dr macet libur lebaran dmn ya mas…

    1. Hotel Dago 101 sangat strategis dong, karena berada di pusat kota. Ke Braga, Taman Balai Kota, atau Alun2 Bandung (yang nge hits dengan rumput sintetisnya) bisa dijangkau hanya 10 menit. Kalo sepi seperti lebaran H1 atau H2, mungkin hanya 5 menit saja pake mobil.

      Ke Distro di Jajaran Jl. Sultan Agung, bisa berjalan kaki. Begitupun ke FO Jl. Riau, BIP, Gramedia, BEC Mall, bisa berjalan kaki. Ke Gedong sate atau Pusdai, paling 10 menit, kayaknya gak nyampe juga.

      Kalo ke Cihampelas Walk atau PVJ, mungkin sekitar 30 menit kalo lancar. Hindari area kebon binatang Taman Sari, karena sering menjadi pusat kemacetan.

      Demikian, semoga membantu.

  2. Hai, thanks informasi nya, masih recent yah, lebaran tahun lalu.. Mau tanya, pas hari H nya, toko, resto dan warung2 pada tutup atau buka seperti biasa?

    1. Halo juga Mbak Lusy. Pada hari H, hampir semua toko dan warung pada tutup. Sedangkan mall seperti PvJ, Ciwalk dan BIP buka mulai jam 12 siang, termasuk resto2 dan cafe-nya. Jadi, tidak usah khawatir….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s