Ada Greget di Album Fatin, For You!


image

Ini adalah kali kedua dalam enam bulan terakhir, dimana saya sangat penasaran dengan peluncuran dan materi dari sebuah album CD terbaru. Adalah Fatin Shidqia, gadis mungil berhijab yang namanya meroket di ajang pencarian bakat X Factor dan dinobatkan sebagai kontestan yang dinilai memiliki faktor ‘x’ terbesar. Rupanya, juri dan masyarakat Indonesia, memang tidak salah memilih. Selang beberapa bulan setelah kemenangannya, Fatin pun meluncurkan album perdana : Fatin for you (atau mungkin dibaca Fatin Fo Yah) seperti yel2 saat Fatin berkompetisi: Fatin…Fatin….fo yaahh….😀

Album Fatin for you dijual bersama paket ayam goreng paling terkenal se-Indonesia. Saya pun meluncur mendatangi gerai ayam goreng itu demi sekeping CD. Yah, enam bulan lalu saya melakukan hal serupa demi CD Marcell Platinum Playlist. Kini, saya melakukannya demi CD Fatin for you

image

Cover CD berwarna putih. Fatin tampak imut dengan busana musim dingin berwarna kuning dengan latar Menara Eiffel, Paris. Dibagian belakang CD, terdapat track list lagu dan juga gambar Fatin berpose dengan payung bening. Tampak kereen. Lalu saya membuka booklet-nya. Hal pertama yang saya lihat pada setiap CD adalah musisi2 pendukung pada setiap lagu. Saya semakin penasaran setelah melihat musisi dan orang-orang yang terlibat mengarsiteki album ini. Ada 8 dari 12 lagu yang terdapat di album ini diracik oleh musisi asing.

Dalam penggarapan album ini label Sony Music menggandeng Gustav Efraimsson, seorang penulis lagu dan produser musik asal Swedia. Gustav diketahui pernah terlibat membuat karya musisi New Kids On The Block & Backstreet Boys.

Sepertinya album ini dipersiapkan untuk pasar internasional. Artinya materi lagu album ini (mungkin) sebenarnya berbahasa Inggris. Tapi, untuk pasar Indonesia, lagu-lagu tersebut diadaptasi ke versi bahasa Indonesia. Entah lah, yang jelas ada beberapa kata yang kurang serasi berpadu dengan melodinya.

image

Terlepas dari itu, materi album ini memang keren. Coba perhatikan lagu Saat Ku Gelap Saat Ku Remang (Fire), dengan arransemen musik masa kini, terasa sangat trendy. Vokal Fatin yang unik, sangat pas membawakan lagu semacam ini. Seperti disengaja, bahwa di lagu ini vokal Fatin tereksplorasi secara natural dan apa adanya.Saya penasaran bagaimana lagu ini dalam versi bahasa Inggrisnya.

Begitupun dengan lagu berjudul Sadar Di Batas Sabar. Lagu bertempo dinamis ini pun langsung membuai telinga, dan langsung ‘klik’. Penata musik lagu ini sepertinya tahu, warna dan jenis musik yang pas buat Fatin. Kereen, saya suka!

Arransemen musik yang bernuansa eropa, dengan harmoni yang bagus dan easy listening ada di lagu Semua Tentangmu. Disini, vokal Fatin berpadu dengan backing vokal-yang entah siapa karena tidak disebutkan di credit title. Perpaduannya sangat pas, karena kehadiran backing vokal-yang lebih mirip kolaborasi itu menutupi kekurangan Fatin. Asli, lagunya bagus!

Album ini semakin berwarna dengan menampilkan penyanyi2 pendamping yang semakin membuat lagunya menjadi semakin kuat. Seperti lagu Jangan Kau Bohong (Dump Rap) featuring New Kings (Derby Romero & Roy). Adalah ide yang sangat bagus menyisipkan sedikit rap di tengah lagu ini. Acung jempol kepada pengalih bahasa yang membuat lagu adaptasi ini.enak dikuping.

Menggandeng Mikha Anglo sebagai teman duet Fatin adalah bukan sekedar strategi pasar. Vokal keduanya cukup harmonis saat disandingkan dalam satu lagu. Apalagi jika tema lagunya juga pas. Nah, ini terjadi di lagu Kaulah Kamuku. Lagu ringan dengan tema anak sekolahan ini terasa ‘pantas’ meramaikan album ini.

Tak kurang apik di lagu Hold Me (Heal Me) arransemen musik yang agak mirip Duo T.A.T.U atau coba perhatikan arransemen musik di lagu Goodbye. Menurut saya Fatin sudah mendapat warna musik yang pas dengan karakter vokalnya.

Tentu saja album ini memuat lagu Aku Memilih Setia. Single yang sempat merajai tangga lagu di berbagai radio di Indonesia, sesaat setelah Fatin menjuarai kontes penyanyi paling hits tahun ini. Lagu bertempo lambat dengan arransemen yang rapi- yang menurut saya terdengar agak lawas sehingga terasa kurang pas dengan karakter dan usia Fatin saat ini. Walaupun begitu, lagu ini sangat populer dan menjadi hits. Sempat menjadi lagu yang paling banyak di download di iTunes.

Dia, Dia, Dia, adalah single kedua sesudah single pertama Aku Memilih Setia. Lagu dari pencipta yang sama yaitu Muhammad Fredy Harahap, dengan arransemen yang juga tidak jauh berbeda. Lagu yang video klipnya digarap sangat apik, mengambil lokasi syuting di Paris Perancis memunculkan sosok Fatin sebagai icon penyanyi berhijab yang elegan dengan wardrobe dari Rabbani. Mau nonton video klipnya?? Disini

Album Fatin for you, memberi banyak hal baru bagi khasanah musik tanah air. Sebenarnya, sebagai penikmat musik, saya sangat penasaran dengan versi internasionalnya. Ditangani oleh orang2 yang kompeten dibidangnya, dari dalam dan luar negeri, memiliki materi yang kuat, tidak berlebihan jika KFC sebagai distributor album ini berharap banyak pada penjualan album ini. Semoga target 2juta keping CD Fatin for you akan terlampaui. Yeeeaaii!!

image

2 thoughts on “Ada Greget di Album Fatin, For You!

  1. Yes…sungguh amazing banget Fatin….ng’gak keliru aku memilih dan meyayanginy..Yes sukses Buatmu Fatin ! FATINISTIC READY TO SUPPORT YOU “ALBUM FOR YOU” – ACHIEVE 2-MILLION-COPY WITHIN 2 MONTHS
    the uniqueness of your voice that makes me Ajing Mu .. more love! and please do not forget Fatinistic.Fatinistic always loved and always support you. Fatinistic .. ready to buy Original CD! and fatinistic determined that your new album is able to reach the 2-million copies within a 2-month!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s