Lika-liku Jalan Raya (Lili Jara)

#Hujan

Kehujanan di perjalanan itu sudah biasa. Bagi pengendara sepeda motor seperti saya, jas hujan adalah barang wajib yang harus selalu tersimpan di bagasi motor. Jadi, kapan pun cuaca tidak menguntungkan, saya tinggal menepi, memakai jas hujan, aman deh.

Faktanya, dengan tidak membawa jas hujan, orang2 cenderung tergesa2 dan grasa grusu menjalankan sepeda motornya. Kalo hujannya deras, biasanya orang2 memilih berteduh. Tapi, kalo hujannya cuma ‘gerimis mengundang’ yang agak nanggung, biasanya pengendara sepeda motor jadi seperti belingsatan. Ngebut tanpa perhitungan dengan alasan ‘takut basah’.

Sekali waktu, saya sedang menepi dan memakai jas hujan dipinggiran trotoar. Tetiba seorang remaja pengendara sepeda motor matic, jatuh dan meluncur diatas aspal yang licin karena gerimis. Bagaikan superman, pengendara itu-yang ternyata seorang perempuan-meluncur dengan sangat jauh, berkejaran dengan motor matic-nya yang juga meluncur dengan deras. Beruntung, arus lalu lintas saat itu tidak terlalu ramai karena dari arah berlawanan masih lampu merah. Walaupun tidak terluka parah, tapi semua orang di pinggir jalan yang menyaksikan kejadian itu hanya bisa melongo…..

Pada waktu yang lain, saat hujan lebih deras dari sekedar hujanvgerimis, orang2 pun memacu sepeda motor sama gilanya. Nyalip dari kiri, klakson menjerit2 berisik seakan minta paling duluan.

Tampak seorang satpam sudah mengacungkan ‘tongkat’ yang menyala merah pertanda ‘minta jalan’ bermaksud menyeberangkan sekumpulan ibu2 paruh baya. Saya  memilih berhenti  diantara pengendara lain yang tetap menerobos. walau pun dalam hati berkata ‘cepetaaann hujaaan niiihh’. Saya perhatikan sekumpulan ibu2 tersebut, berjalan pelan memakai payung, dikawal pak satpam. Satu diantara ibu2 itu memalingkan wajahnya pada saya. Sambil tersenyum, bibirnya sempat terlihat mengucapkan hatur nuhuuunn….

Sambung lain waktu yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s