Nasi Goreng Cikur

image

Pernah mencoba Nasi Goreng Cikur? Adalah nasi goreng dengan cita rasa Sunda, dengan rasa kencur sebagai bumbu utamanya. Rasanya tidak manis seperti nasi goreng pada umumnya-yang menggunakan kecap manis, tapi lebih asin gurih dan harum dengan aroma kencur yang khas. Disajikan dengan irisan telur dadar, ayam suwir, tahu goreng, serundeng dan acar wortel yang segar. Sepotong keripik tempe dijadikan pelengkap sebagai pengganti kerupuk. Seporsi Nasi Goreng Cikur ini dibanderol dengan harga 8ribu/porsinya. Menu sarapan ini tersedia di Kios Alit Mang Iwan, setiap pagi, Jl. Ganesa Bandung.

Courtesy photo : by AR

Iklan

Penawaran Promo & Diskon, Benarkah??

image

Menjelang akhir tahun, promo produk atau diskon besar2an menjelang akhir tahun, bertebaran dimana-mana. Hampir setiap mall ataupun toko, memajang SALE yang menggiurkan, up to 70%. Ada juga toko atau perusahaan yang merayakan anniversary dengan promo serupa.

Pertanyaann yang terlintas adalah : benarkah promo2 tersebut jujur?? Memangkas harga sebenarnya (sebagai dedikasi kepada pelanggan) atau sekedar trik untuk menarik pembeli?? Kasus yang sering dijumpai adalah menaikan harga terlebih dahulu, lalu memberi potongan diskon sebagai iming-iming. Aaahh….itu sudah biasa….

Bagaimana kalo hal itu terjadi pada produk makanan atau resto?? Ya, ada yang menawarkan diskon khusus bila menggunakan produk kartu kredit tertentu, dan besaran diskonnya juga masih umum sekitar 10% hingga 20%. Kalo ada promo seperti diskon 50% atau buy 1 get 1 free, nah kalo itu, menurut saya wajib dicurigai.

Suatu hari, saya mendatangi sebuah restoran cepat saji, untuk mendapatkan promo paket tertentu. Setelah berjuang melalui antrian yang panjang, saya pun menanyakan paket yang dimaksud. Dengan enteng mereka menyebutkan kalo paket tersebut habis, atau sedang kosong (saya lupa). Saya bingung mau pilih menu apa, karena ini diluar dugaan dan semua menu yang terpampang terasa cukup mahal. Saya melihat2 gambar menu dan mencari yang termurah dengan bimbang….antrian di belakang sudah sabar menunggu saya yang diam membisu belum menentukan pilihan…. Akhirnya, dengan sangat-sangat terpaksa memilih menu yang tidak diharapkan (daripada balik kanan dan tidak memesan apapun setelah antri sekian lama). Udah itu, menyesal dan kecewa…..

Pernah juga ke sebuah restoran pizza yang menawarkan diskon 50% untuk produk tertentu, dihari tertentu. Setelah memesan produk diskon, saya perhatikan menu pesanan. Ah, ternyata menu diskon itu tidak secetar harga normal.Β  Tampilannya tampak lebih sederhana, seperti ada yang kurang. Lagi-lagi saya membesarkan hati : namanya juga harga diskon…. 😐

Belum lama ini, ada momen tanggal unik 11.12.13 alias tanggal 11 Desember 2013. Beberapa tempat makan merayakan dengan memberi diskon khusus. Tidak tanggung2, diskon yang diberikan adalah 36% (11+12+13). Diskon yang lumayan untuk sebuah rumah makan. Maka, berbondong2lah kami ke rumah makan tersebut. Sepertinya, promo diskon 36%-nya jitu. Terbukti rumah makan tersebut penuh, dan motor pun sulit parkir. Tetapi, bagaimana dengan menu makanannya?? Kami hanya bisa bandingkan dengan menu yang sama, yang sebelumnya selalu kami pesan, yaitu Italian Baked Sushi. Begitu menunya datang saya terbelalak dan bertanya “ini apaaa?? Hah Italian Baked Sushi??”. Kening saya berkerut, nyaris tak percaya. “Kok beginiii…..” cuma itu yang keluar dari mulut saya… Pengen tau bedanya???

Ini Italian Baked Sushi, diskon 36%
image

image

dan ini, menu yang sama, HARGA NORMAL! Jelas jauh berbeda bukaaann??

*namanya juga harga diskon*

Semalam, saya mengunjungi (lagi-lagi) restoran cepat saji di kawasan San Diego Junction (baca : Simpang Dago). Jauh-jauh dikunjungi karena seorang teman yang bekerja di sebuah bank, mengabari promo BUY 1 GET 1 FREE yang kerjasama bank tersebut-dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Setelah berkoordinasi dengan sejumlah teman, yang memiliki kartu dari bank tersebut-berbondong2lah kami ke San Diego Junction, untuk paket Prosperity Combo

image

Dan hasilnya?? Si mbak2 kasirnya bilang : maaf, mesin debit sedang error, tidak bisa digunakan….. *dengan senyum manis yang sudah terlatih – seakan minta dikΓ©prΓ©t* Perayaan sebuah bank, ulang tahun ke 118, memberikan promo buy 1 get 1 free, dan pada hari ‘yang indah’ itu, mesin debit tidak berfungsi. Ok, fine!!!

Menyebalkan memang. Well, itu hanya sekelumit pengalaman yang kalo diperhatikan, mau-tidak-mau, saya menjadi curiga manakala ada promo yang mencurigakan. Jangan….jangan….. zzzz…..zzzz……*mendingan tidur aja deeeh*

Ilustrasi ‘diskon’ diambil dari sini

Kedai Steak di Bandung #2

Kedai Steak yang satu ini, sangat terkenal di Bandung. Hampir semua anak muda, pasti pernah nongkrong dan kumpul di kedai ini. Namanya DoubleSteak atau biasa disebut DS. Ada dua kedai DS di Bandung, ada yang di Jl. Jawa dan di Jl. Talaga Bodas. Saya lebih suka yang di Jl. Talaga Bodas, karena tempatnya lebih luas. Walaupun belum bisa dibilang cozy, tapi tempatnya cukup nyaman.

Harga menu disini tidak menguras kantong, makanya yang datang sangat beragam. Menunya juga banyak pilihan dari mulai beef, chiken, fish, crispy, original, cordon bleu, cream soup, sampe salad lengkaap!  Minuman panas, dingin, jus, yoghurt plus float semua ada. Mari kita jelajahi menu2 yang ada di DoubleSteak πŸ™‚

DoubleSteak menyediakan Chiken Corn Soup dan Chiken Cream Soup. Potongan ayamnya banyak, ada taburan keju parut diatasnya. Disajikan hangat dengan sepotong roti bundar. Secangkir soup ini, dibandrol 8ribu rupiah.

image

Ada banyak pilihan menu utama di Double Steak. Ada Sirloin, Tenderloin, T-Bone, Mix Grilled, Cordon Bleu, Chiken Steak, Fish Piccata, BeefSteak Bolognese, Sausage Germany, aneka spaghetti dan lainnya. Bahkan menyediakan nasi putih juga, sebagai pelengkap steak, ataupun dipaketkan dengan Beef Stroganoff. Banyak pilihan pokoknya. Sementara untuk dessert, tempat ini menyediakan berbagai varian salad.

Warung Steak
Warung Steak atau lebih dikenal dengan WS, hampir serupa Steak Obonk ataupun DoubleSteak. Konsepnya adalah steak murah meriah untuk kalangan pelajar dan mahasiswa dengan rentang harga mulai 14ribuan. Sedangkan minumannya 3ribu-9ribuan.

image

WS yang di Jl. Dipatiukur, tempatnya lebih nyaman dibandingkan Steak Obonk. Lebih mirip resto, dengan penerangan lampion2. Tempatnya luas, ada smoking area dan lesehan. Menu steak yang ditawarkan pun sebelas-duabelas dengan kedai2 steak serupa. Tinggal pilih saja, mana yang menurut kita nyaman.

Mayoritas pengunjung WS adalah mahasiswa, pelajar dan anak muda. Kadang mereka datang bergerombol, tapi ada juga yang cuma berdua atau bertiga, sambil membuka laptop (walaupun smartphone saya tidak mendeteksi ada hotspot di sini πŸ˜€ ). At least, asiklah buat ngeceng, atau sekedar nongkrong murah meriah….

πŸ™‚

Hai BeFriends, ini koleksi saya :)

image

Album Pertama “CINTAILAH AKU”
Menurut saya, album ini kurang komersil. Materi album ini bobotnya ‘terlalu festival’. Selain mengandalkan single Cintailah Aku, album ini memuat lagu2 yang menjadi jawara di ajang festival yang membesarkan nama AB Three seperti  Tak’kan Berhenti, Dream of My Heart dan Get Into The Heat.

Sayang memang, video klip Cintailah Aku-yang saat itu pembuatan video musik sedang bangkit dan sedang bagus2nya-malah dibuat biasa saja, bahkan terlalu terlalu sederhana untuk ukuran nama besar AB Three. Kalo album ini kurang mendapat sambutan secara penjualan, wajar. Saya sendiri kurang puas….

image

Album kedua “KERINDUANKU”
Album kedua ini menjawab kekecewaan saya di album pertama. Memiliki konsep yang kuat, materi album bersinergi dengan desain cover dan video klip yang sangat trendi. Di album ini, AB Three tetap pelit bikin video klip. Selain lagu Kerinduanku, tidak ada satu pun single di album ini yang dibuatkan video klipnya. AB Three mengandalkan tampil live dengan aksi panggung atraktif sebagai pengganti video seperti single hits Suaramu dan We Are One . Beruntung, lagu lainnya seperti Kan Kucoba dijadikan jingle iklan produk sabun mandi dan single Lagi lagi menjadi jingle iklan restoran cepat saji. Secara kualitas, album ini sangat memuaskan, dan merupakan puncak paling gemilang sepanjang karir AB Three! :9

image

Album ketiga “NYANYIAN CINTAMU”
Walaupun tidak sebagus album Kerinduanku, tapi album ini boleh dibilang ‘selamat’ secara komersial. Dibuat dua video klip sebagai pendongkrak penjualan. Selain mengandalkan lagu Nyanyian Cintamu-yang secara pribadi saya tidak suka-album ini menelurkan hits Aya ya dan Optimis.

Lagu Hari-hari Bersamamu, yang dijadikan iklan sabun mandi tidak pernah terlihat utuh penayangan video klipnya. Padahal, sumpaaah kereeen banget! Begitupun lagu Song of The Earth. Konon dibuat video klipnya didukung oleh PBB sebagai duta lingkungan hidup. Tapi, saya belum sekalipun lihat videonya, di youtube sekalipun. Sementara lagu Optimis dan Sajojo+Naluriku digeber melalui acara musik live seperti biasanya *angggeeerrr!*

image

Album keempat “AURAKU”
Naaah, ini album AB Three yang saya suka banget. Serupa album Kerinduanku, materi album ini bersinergi antara desain cover dengan fotografi yang artistik dan video klip yang keren. Album yang sangat groovy ini menjagokan single Auraku dan Apa Adanya. Sayangnya lagu yang menurut saya bagus (Tetap Menunggu, Katakanlah dan My Love For You) tidak dibuatkan klipnya (dalam hati bilang: jangan harap!!) dan jarang dinyanyikan di acara musik live. Yang digeber di beberapa acara musik saat itu adalah Hasratku-nya Imaniar yang juga dibuat nge groove.

Setelah itu, tahun-tahun berikutnya saya sudah tidak lagi mengikuti eksistensi AB Three. Well, gembar-gembor konser tunggal Dream of My Heart bulan lalu, mengusik saya untuk membongkar kembali koleksi lama. Memutar kembali lagu2nya dan berharap ada album baru dari grup vokal paling kece sejagat!

πŸ™‚

Jajanan di Bandung #2

Melanjutkan postingan saya sebelumnya Jajanan di Bandung #1 maka, ini adalah sekuelnya. Ternyata memang ada sumur di ladang, maka saya pun menumpang mandi-lalu bergegas jalan2 cari jajanan…..

Batagor
Ada banyak Kedai/Resto Batagor, yang sangat terkenal di seantero Bandung. Harganya cetar membahana badaaiii. (Teman saya sampe kaget, untuk 2porsi batagor dan 2 minum, harus membayar 98rb alias 100ribu kurang dikiiiit-di sebuah kedai batagor Jl. Veteran Bandung). Daaan saya tidak mau menyia2kan 50ribu rupiah hanya untuk sepiring batagor. Jadi, saya lebih memilih batagor ’empire’ saja (baca : batgor emperan kaki 5). Batagor kampung kayak gini biasanya 5rb-10rb per porsinya. Lumayan enak kok….

image

Batagor ‘Rizki’, 5rb per porsi

Siomay (Baso Tahu)
Baso Tahu juga sangat populer di Bandung. Ada banyaaaakk spot2 baso tahu-siomay, di Bandung baik di foodcourt, ataupun kedai-kedai tertentu dengan berbagai merek. Harganya pun beragam. Tinggal sesuaikan dengan kantong saja. Rasa berbanding lurus dengan harga, itu pasti. Tapi, saya juga tidak mau mengeluarkan puluhan ribu, hanya untuk seporsi baso tahu siomay. Baso tahu SARI, Shincan, Hokkie atau Ponyo sudah cukup buat saya.

image
Baso Tahu Maulana Yusuf 5rb per buah

Cimol
Panganan ini mirip cireng-yang lebih dulu populer dan naik kelas. Cimol, seperti halnya Cireng isi, Cilok, Cilok-goreng, bertebaran di Bandung, dari mulai didepan sekolah-sekolah, didepan pertokoan seperti BIP, sekitar Gasibu, atau sekitar kampus. Nah, Cimol ini, ada varian rasanya juga. Ada keju, bawang, pedas dan lainnya. Harganya 3rb per bungkus.
image

Cimol Jl. Ganesa, setiap sabtu aja, dpn pintu parkir barat, ITB.

Lumpiah Basah
Sangat mudah menemukan tukang lumpia basah di Bandung. Di depan kampus, di Gasibu, di DU, di depan BIP atau didepan minimarket2 sampai di PasarTongTong Ciwalk pun ada. Naaahh, tapi setahu saya yang benar2 enak hanya beberapa. Salah satunya adalah di depan kampus ITB, dekat pintu masuk Masjid Salaman. Itulah lumpia basah terenak yang pernah saya coba. Harganya 7ribu. Recomended :9

Lumpia Basah depan ITB, 7rb per porsi

Es Pisang Ijo
Ada banyak penjaja es pisang ijo, di Bandung dan hampir semua sudah modifikasi hasil kreatifitas. Tidak lagi seperti versi aslinya yang menambahkan bubur sumsum dan syrup merah. Ada yang menggunakan vla warna warni sesuai rasa yang di tawarkan, ada yang menambahkan kacang sangrai, meses dan susu. Bahkan ada pula yang menambahkan agar-agar jelly. Ada yang memasang merk Aladin, Sayogi, Just Mine, Yasmin, sampe Ijo Royo2. Banyak pokoknya. Biasanya sih harganya 7ribu per kemasan cup. Seperti es pisang ijo Sayogi rasa stroberi iniiiii, dimariiii….

image

Pisang Ijo, Sayogi – Jl. Ganesa, 7ribu per porsi

Cakue Mini
Ada banyak tukang cakue mini tersebar hampir di setiap keramaian di Bandung. Yang satu ini cakue mini enak yang ada di depan SD Ujung Berung. Yah, di depan sekolahan tersebut memang ramai penjual makanan, yang-sejauh ini saya coba sih, enak2 semua. *berbahagialah orang2 yang tinggal di Cigending-Ujung Berung*

image

Cakue Mini, depan SD Ujung Berung

BANDROS, Camilan Khas Sunda

Sudah agak jarang menemukan camilan khas parahyangn ini. Tidak seperti siomay, cilok atau cakue mini yang tersebar hampir di depan depan sekolahan SD. Bandros, termasuk yang langka. Tapi, saya menemukan tukang bandros pake gerobak mini di depan SD Ujung Berung, dekat pasar. Namanya Bandros Cangor. Penjualnya bapak2 yang ramah-selalu pake iket kepala layaknya seniman calung mau manggung.

image

Bandros Cangor ini, harganya masih terbilang murah. Boleh beli 3rb atau 5rb, dilayani dengan semangat sama si Mang-nya. Rasanya??? Hmm..mm…enaaakk! Kalo bandros lain, kelapa parutnya di campur, naaah kalo Bandros Cangor ini, kelapa muda-nya diserut, trus ditabur diatasnya. Pas dimakan, kelapanya masih ‘nyakreekk’ gurih-gurih gimaaaa gitu. Pantes aja, Bandros Cangor. Tanpa banyak kata, saya cuma mau bilang Bandros Cangor ini recomended :9

*untuk kebutuhan fotografi, bandrosnya saya reka2 dulu, pakai sedikit sambal kemasan-harap maklum* πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Curhat Sebelum Tidur

#Curhat Sebelum Tidur

image

Mungkinkah PLN salah sistem, sehingga rumah saya mati listrik-cuma rumah saya saja-yang lain tidak. *krik krik krik*

Saya cek saldo pulsa listrik, masih aman. Sudah diperiksa tidak ada korslet, dan semua sakelar sudah sesuai. Lalu?? Bergelap2 selama 20menit-memandang rumah2 tetangga yang terang benderang.

*Heniiiing*
Besok pagi saja, saya cek kabel2, mungkin ada yang putus digigit tikus. Besok libur ke Ganesa deeeh…

*Heniiing lagiii*
Lalu, tiba2 byaarr… listrik menyala lagi, tanpa diapa2in. Aneeehh…. 😐

—ambil air wudhu, sholat isya…dan segera tidur!— – at Saung Alit ~ Mang Iwan

View on Path

Ilustrasi gambar diambil dari avatarcube.com

Membibitkan Bunga Telang

Saya masih penasaran dengan Bunga Telang. Pernah mencoba membibitkan dari bijinya, tapi gagal karena kelalaian-lupa menyiram hingga akhirnya bibit yang sudah berkecambah itu mati. Akhirnya, dua minggu lalu saya mulai membibitkan lagi. Terinspirasi dari penjual sayuran di pasar tradisional, yang menjual kacang merah basah yang sudah berkecambah dalam sebuah besek besar. Jadilah, saya merendam sekitar 10butir biji bunga telang dalam sebuah wadah, bekas air mineral yang dialasi dengan beberapa lembar tisu. Hasilnya?? Nihil…!! Biji bunga telang tetap keras dan tidak ada tanda-tanda akan berkecambah.

Nah, beberapa hari lalu, salah seorang pembaca blog saya menyarankan agar biji bunga telang itu ‘dilukai’ dengan pisau atau cutter agar air bisa masuk ke dalam biji. Saya pun mengikuti anjuran tersebut,m. Menaruh beberapa ‘biji yang terluka’ pada sebuah pisin yang diberi air. Ternyata benar! Setelah tiga hari, salah satu dari sekian biji yang dilukai itu mulai berkecambah. Wwaaahh senangnya….! Besok atau lusa, saya akan coba pindahkan bibit tersebut ke media tanam. Apakah kira2 saya berhasil menumbuh-kembangkan tanaman berbunga biru yang sudah jarang ditanam dipekarangan rumah ini?? Doakan, tanaman saya tumbuh ya temanz…. πŸ™‚

Momen 11.12.13 di Rumah Lezat Simplisio

Bagi sebagian kalangan, tanggal 11 Desember 2013 adalah momen khusus. Banyak sosmed membahas dan mengangkat status momen 11.12.13 tersebut. Momen yang terjadi setiap 100tahun tersebut menjadi spesial. Bahkan, ada rumah makan dan fast food memberikan harga khusus di hari pada momen yang dianggap cantik ini. Ya, 11.12.13 memang tampak cantiiiikkk πŸ˜‰

Rumah Lezat Simplisio misalnya. Rumah makan dengan julukan Pusat Kuliner Dunia-yang beralamat di Jl. Karapitan No. 45-A ini, ikut menawarkan promo spesial di momen 11.12.13 ini, yaitu dengan memberi diskon 36% OFF untuk semua menu andalan yang ada disana, termasuk sushi, suki dan cookies-nya yang terkenal unik dan lezat! Dalam promonya melalui akun twitter @RumZatSimplisio, promo berlangsung mulai pukul 6.30 pagi hingga pukul 8.30 malam, tanpa syarat! Aheeeyyy, tertarik datang nih…mengingat saya sudah familiar dengan beberapa menunya seperti Mie Hongkong Cabe Pedas,  Korean Bibimbap, Italian Baked Sushi (dengan keju yang meleleh itu), ataupun Green Thai Tea-nya.

Jadilah sejak siang, saya janjian dengan teman2 se-gank, untuk ikut nyerbu dan makan kalap-kalapan di Simplisio. Bahkan, sejak siang  memantau TL akun @RumZatSimplisio, apakah menu2 andalannnya masih tersedia atau tidak. Karena, pernah kejadian, saya pengen Nasi Goreng Strawberry tapi pas nyampe sana, ternyata habis πŸ˜₯

Agak was-was juga pas menjelang sore, ternyata Bandung diguyur hujan. Alhamdulillah, doa terkabul. Menjelang jam 5, hujan reda. Khawatir ada hujan susulan-yang menghambat misi mulia ini-saya segera meluncur ke jl. Karapitan, menyusul teman-teman yang sudah terlebih dulu tiba disana, di lantai 2.

Saking banyaknya menu, kami sampe bingung memilih. Kalo saya sih, memesan Korean Tteoboki. Sementara teman2 saya ada yang memesanChizu Ramen, Curry Ramen, Mie Hongkong Cabai Pedas (Yamien Asin dan manis). Buat cemal-cemil, kami memilih Italian Baked Sushi. Sedangkan untuk varian menu baru, salah satu teman kami memlih Ratatoulli dan Vanilla Ice Cream with Choco. Kalo diantara kami ada yang belum pernah mencoba salah satu menu, kami bisa saling mencicipi tentunya πŸ˜‰

image

Yummy Vanilla Ice Cream with Choco

Sepertinya, kami tidak perlu mereview setiap menu satu persatu. Yang jelas, kami semua sudah mufakat satu suara bahwa semua makanan yang ada di Simplisio itu : ENAK!! Ini bukan promosi karena kami diberi diskon 36%. Tapi kenyataanya memang begitu. Kecuali minumannya yang kadang kemanisan dan tempatnya-yang-kami ingin Simplisio segera ada di Ciwalk-rasa makanannya sih nyaris tanpa cela.

image

Italian Baked Sushi
Menikmati sushi yang dimodifikasi menjadi cita rasa italia, dengan keju leleh yang masih hangat adalah sesuatu banget. Sayangnya, penampilannya dan sajiannya tidak se-CETAR pada saat kunjungan saya sebelumnya. Yang sekarang keju lelehnya sangat sedikit. Sedangkan kalo dulu hampir menutupi seluruh permukaan sushi, dan tampilannya pun membuat mata terbelalak. Walau rasa, masih tetap enak. Apa mungkin karena pengaruh diskon 36% kali ya? *colek admin Simplisio*

image

Tteoboki
Naaah, Tteoboki ini kue beras korea dengan saus korea yang khas dan keju leleh sebagai toppingnya. Disajikan bersama korean kimchi dan soft srambled egg. Saya jadi curiga, kalo bukan harga diskon rasa dan penampilannya pasti lebih “WOW”.

image

Mie Hongkong Cabe Pedas

Menu ini selalu best seller di Simplisio. Bahkan iconic banget. Sahabat saya memesan Yamin Asin level 3 (yang menurut saya pedasnya ‘pas’). Menurut saya, ini mie yamin terenak pokoknya…. recomended :9

image

Chizu Ramen dan KarΓ© Ramen
Ramen di Simplisio adalah Ramen kategori enak. Porsinya lumayan mengenyangkan, kuahnya lezat baik yang curry maupun yang Chizu (kuah keju gurih, tapi gak bikin neg). Harga yang ditawarkan sepadan dengan menu dan rasa worthed! Mungkin, hanya ramen di KLL-lah tandingan ramen di simplisio πŸ˜‰

*Kalo gak diskon, pasti lebih dari ini rasanya…* *keukeuh*

image

Rattatouli
Ini dia….menu baru di Simplisio. Makanan tradisional Perancis dari daerah Nice, rasanya asam dan segar, yang disajikan ayam panggang tanpa tulang, lengkap dengan nasi butternya. Menu ini, enak sejak suapan pertama….sampe priring liciiiinn. Recomended :9

Sementara untuk minumnya, pilihan kami hampir seragam yaitu Green Thai Tea. Rupanya promo yang digelar Simplisio sukses besar. Terbukti, pas mau masuk saja, parkiran penuh banget, dan di dalam setiap meja hampir selalu terisi, baik di lantai atas maupun dilantai bawah, penuuuhh. Orderan pesananan kami pun agak lama-untungnya waktu kami sedang senggang, jadi asik2 aja, waktu ngobrol dan chit chat jadi lebih lama πŸ˜€ πŸ˜€

Kami memaklumi dengan situasi ini. Apalagi admin Simplisio pernah menjelaskan via twitter bahwa semua menu di Simplisio dibuat fresh, serba mendadak demi menjaga cita rasa dan kelezatan. Bahkan, konon kru dapur sampe setengah berlari, kesana kemari-demi menyelesaikan menu2 lezat terhidang di meja. Waaahh terbayang sibuk, pakeupuk pisaaan…

Well, thank you promonya. Momen ini kami jadikan waktu yang pas buat kumpul dan ngobrol santai. Yah, ini adalah wiskul yang memuaskan lidah. Sangat menyenangkan di kantong pula. Saran dari kami adalah : harga diskon jangan mengurangi cita rasa dan penampilan pada menu. Sering2 ya bikin promo, insya Alloh kami datang kembali.

Jurnal Menanam Cabai Habanero #1

Beberapa waktu lalu, saya pernah sharing tentang Cabai Habanero. Akhirnya saya tergoda untuk mencoba menanam cabai yang berbentuk lucu ini di pekarangan rumah.
image

Saya memetik 4tangkai cabe dari pohon induk, lalu cabai2 tersebut saya biarkan terlebih dahulu hingga peot dan mengering. Setelah itu saya mengeluarkan biji2nya dan ditaburkan pada media tanam-berupa pot berukuran sedang. Tentu saja pot tersebut sudah diisi tanah yang sudah digemburkan. Sesudah itu, potnya saya biarkan saja di teras rumah. Yang terpenting adalah pot selalu terkena sinar matahari dan disiram setiap pagi atau sore.

Seminggu kemudian, biji2 cabai mulai berkecambah. Saya semakin hati2 saat menyiram. Membiarkannya tumbuh sekitar 2 minggu, sampai tanaman bisa dipindahkan pada media tanam lain, biar tidak menggunduk berkelompok. Karena keterbatasan pot, maka saya saya hanya mengambil sekitar 10bibit saja. Saya pindahkan pada pot kecil-kecil. Satu media tanam, bisa 1-3 bibit cabai. Saya tetap meletakan pot-pot tersebut di pekarangan untuk memastikan cukup mendapat sinar matahari. Beruntung, bulan nopember dan Desember ini sdh memasuki musim hujan, jadi saya tidak terlalu sering menyiram. Inilah penampakan tanaman Cabai Habanero saya, yang berumur kurang lebih 2bulan, dengan perawatan sekedarnya.

image