Menjelajah Aneka Nasi Goreng

Kata teman-teman, saya penyuka nasi goreng. Ada benarnya juga sih, walaupun mungkin ketebalannya beda dikit aja. Hanya terpaut beberapa bab kalo hal tersebut diibaratkan novel Harry Potter. Beda tipis-lah dengan orang-orang pada umumnya yang-selain harganya-saya yakin semua setuju bahwa nasi goreng itu enak mau dimodifikasi macam apapun.

Naaaah, berikut adalah nasi goreng-nasi goreng yang pernah saya jelajahi dan ‘berkesan’. Entah berkesan di harganya, rasanya, tempatnya, dan sebagainya. Tentu, ini hanya sedikit saja ‘cerita nasi goreng’ dari semua nasi goreng-nasi goreng yang pernah saya cicipi.

Nasi Goreng Wagyu ~ Porto Cafe

Sejarah mencatat, inilah nasi goreng termahal yang pernah saya beli. Nasi goreng yang rasa dan penyajiannya biasa saja dibandrol Rp.68.000++. Jadi kalo plus pajak dan servis sekitar 75ribuan-lah. Bisa jadi, daging wagyu-nya yang bikin nasi goreng ini dipatok dengan harga menjulang. Tapi, saya juga tidak tahu persis, apakah yang dihidangkan benar-benar menggunakan wagyu atau bukan, karena lidah saya juga tidak terlalu jitu membedakannya.

image

Pada saat masih hangat, nasi goreng ini terasa enak. Potongan dagingnya empuk dengan bumbu yang meresap. Tapi setelah agak dingin (dan dagingnya habis) maka yang nampak adalah nasi goreng biasa saja-dengan nasi yang mulai mengeras.

Dilengkapi dengan segelas jus atau sejenis mojito, maka bersiaplah mengeluarkan kocek sekitar 100ribu-an. Harga yang cukup mahiiilll kalo buat saya mah. Walaupun saat ‘jajan’ nasi goreng ini saya mendapat diskon 50% dari seorang sahabat alias saya bayar separuhnya, tapi teteup aja masih terasa mahal. Apalagi kalo harus bayar penuh, pasti makin nyelek deegh….Tertarik mencoba??

Nasi Goreng Toko You

Toko You merupakan salah satu rumah makan legendaris di Bandung. Rumah makan chinese food pertama yang terletak di Jl. Hasanudin Bandung ini diyakini halal sejak jaman dulu. Nah, saya menyukai nasi goreng-nya walaupun menu2 andalannya adalah bakmi yamin dan capcai dan sejenis2 itulah.
image

Nasi gorengnya memiliki rasa yang light dengan gurih yang wajar. Disajikan dengan potongan ayam fillet, udang telur ceplok dan kerupuk. Penyajiannya terlihat biasa saja. Tapi nasi goreng yang dibandrol 35ribu per porsi ini sungguh mengenyangkan. Bahkan, bisa buat berdua bila porsi makannya tidak segembul saya hahaha…

Nasi Goreng Merah ~ Konro Marannu

Saya tertarik dengan nasi goreng khas Makasar ini bukan karena rasanya. Tapi karena sajiannya yang menggunung dan warnanya. Jadi, saat berkunjung ke rumah makan Konro Bakar Marannu-di Jalan Riau Samping CK- banyak orang yang pesan nasi goreng ini. Dilihat dari jauh, porsinya tampak jumbo dan warnanya tampak menggoda. Maka, pada kunjungan berikutnya, saya pesan Nasi Goreng Merah.
image

Kalau tidak salah, warna merah nasi goreng ini berasal dari saus tomat. Alhasil rasanya agak sedikit manis asam gitu. Campuran ayam, bakso dan telur ceplok-nya standar nasi goreng pada umumnya. Seporsi nasi goreng yang dihargai Rp.27.000 itu bisa buat berdua, dan pasti kenyang.

Nasi Goreng Thailand Kupu Bistro

Hal pertama yang saya tanyakan saat memesan nasi goreng di Kupu Bistro adalah porsinya. Porsinya segimana?? Seceplok yang dicetak seperti di fast food atau sepiring mentung seperti nasi goreng2 lain yang sudah saya jelajahi. Alangkah senangnya waktu si mbak2nya bilang ‘samentung’. Yess! Minimal perut bisa kenyang nih, toh harganya juga tidak murah. Minimal 25rb setiap porsi nasi goreng di Kupu Bistro.

image

Rasanya nasi gorengnya lumayan enak. Nasi Goreng Thailand ini tidak menggunakan banyak kecap, jadi rasanya lebih ke gurih2 asin – seger. Apalagi saya suka pedas, jadi tambahan cabe rawit iris bikin makan lebih selera. Naahh, nasi goreng2 Kupu Bistro ini, hampir sama persis dengan yang di Tree House. Baik penyajian atau rasa, benar2 sama (yang belakangan diketahui masih satu manajemen ternyata-0h panteuusss!)

Nasi Goreng Sea Food ~ Rumah Lezat Simplisio

image

Di Rumah Lezat Simplisio, ada banyak pilihan nasi goreng, termasuk nasi goreng nanas dan nasi goreng strawberry. Tapi, karena saat itu stok bahan sedang kosong, jadilah saya memesan Nasi Goreng SeaFood. Harganya 27ribuan kalo tidak salah. Tidak ada koreksi yang berarti pada nasi goreng yang disajikan di Jl. Karapitan 45A ini. Rasanya enak. Kelengkapan bahan seperti cumi, udang telur, kerupuk, semua sesuai. Tampilannya juga cantik, walaupun tidak yang ‘cetar’ gimana gitu tetapi semua nampak worthed. Harga berbanding lurus lah😉

Nasi Goreng Warung Pasir

Warung Pasir terletak di pegunungan Bandung Utara, tepatnya di Punclut. Naahh…. rasa nasi gorengnya sih biasa aja, bahkan seperti nasi goreng rumahan yang menggunakan bumbu instan siap pakai. Penyajiannya juga tidak ada yang istimewa. Yang menolong adalah : suasana dan tempat yang langsung menghadap ke kota Bandung. Kalo malam, pemandangannya indah berkelap kelip.

image

Nasi Goreng Potluck Kitchen

Ini juga nasi goreng yang masuk katagori biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Yang mengesankan adalah harga es teh manis-nya. Untuk segelas es teh manis seperti yang tampak pada gambar, dihargai 15.000++ alias 17rebuan. Waduuuhh, ini salah satu alasan-mengapa saya tidak kembali ke cafe ini.

image

Nasi Goreng Sagoo Kitchen
image

Nasi goreng ikan asin di Sagoo termasuk nasi goreng katagori enak. Porsinya pun lumayan besar. Dengan harga 25rebuan, nasi goreng Sagoo masih masuk akal.

Nasi Goreng Ikan Asin Ta’Wan
Di Ta’Wan biasanya saya menesan bubur dan favorit saya adalah Bubur 3 Rasa. Tapi jangan salah, nasi goreng di Ta’Wan juga enak. Saya paling suka Nasi Goreng Ikan Asin. Rasanya pas, porsinya juga banyak. Nasi goreng ini warna putih, tanpa kecap manis. Penyajiannya biasa aja tanpa embel2 tomat, timun, ataupun selada. Asli cuma nasi goreng doang nemplokk, udah. Harga per porsinya Rp. 23.000. Sila di coba….

image

Tinggalkan Balasan

