Melirik eksistensi trio Be3!

Menyaksikan video2 konser Be3 ~ 20Tahun Berkarya bertajuk “Dream of My Heart” di Youtube yang diunggah sejumlah BeFriends-sebutan untuk fans grup vokal paling keren ini, membuat saya terkesima. Bangga, kagum, takjub dengan penampilan enerjik dan kekompakan trio vokal Nola, Widi & Cynthia. Mereka luar biasa, masih bertahan hingga saat ini dan mempersembahkan karya terbaiknya lewat sajian konser musik yang memukau awal Nopember lalu. Konser yang dikemas menawan antara harmoni vokal, tarian, teaterikal dan hiburan ini berhasil mendapatkan pujian dari berbagai kalangan.

Cynthia, Penyelamat Be3

Tanpa Cynthia Lamusu, maka karir AB Three atau yang sekarang dikenal dengan nama Be3, mungkin sudah kandas sejak tahun 2000an. Sejak personel AB Three bersuara mezzo sopran-Lusy Rahmawaty-memutuskan hengkang, maka tak lama kemudian publik dan fans dikejutkan dengan kehadiran Cynthia Lamusu sebagai pengganti.

Kalau dari sudut pandang saya sebagai fans, memasang Cynthia di AB Three adalah hal paling masuk akal yang bisa dilakukan manajemen. Masuknya. Cynthia di grup, bisa menyelamatkan karir dan menyelamatkan kontrak2 kerja AB Three dengan berbagai pihak yang saat itu sedang berada di puncak karir dan sedang laris-larisnya baik sebagai brand ambasador, maupun pentas di berbagai tempat.

Sebetulnya, fans memaklumi jika penampilan AB Three saat itu menjadi kurang maksimal. Dari mulai postur Cynthia yang kurang ramping bersanding dengan Widi dan Nola, kostum panggung yang tidak seragam dan kurang glamour, gerakan koreo Cynthia yang kedapatan beberapa kali salah, hingga  harmoni vokal yang belum ngeblend karena rentang vokal Cynthia berbeda dengan Lusy.

Toh, Cynthia berhasil menyelesaikan PR-nya satu per satu. Tampil ramping, koreo yang tak kalah luwes dan kostum panggung Be3 pun mulai elegan. Sedikit kekurangannya di Be3, berhasil ditutup oleh dua rekannya Nola dan Widi. Cynthia pun turut menyumbang lagu disetiap album. Lagu Auraku, Dilema dan Setelah Kau Hadir adalah bukti keahlian seorang Cynthia dalam meracik lagu.

6 tahun tanpa album

Bersama Cynthia, eksistensi AB Three terselamatkan. Album Auraku-album pertama AB Three bersama Chynthia-yang direlease tahun 2002 mendapat sambutan positif dari publik pecinta musik. Selain Auraku, album ini menelurkan hits Hasratku dan Apa Adanya. Saya pun menyukai album tersebut karena nuansa musiknya lebih groovy, seperti di lagu Tetap Menunggu, Katakanlah, dan lagu My Love For You.

Sayang, album berikutnya yang berjudul Selamat Datang Cinta yang direlease tahun 2006 kurang terdengar gemanya. Sebetulnya, materi lagu pada album ini cukup kuat, mengingat banyak musisi beken yang terlibat. Hanya saja, menjadikan Selamat Datang Cinta dan Love Song sebagai single andalan adalah keliru. Jangankan orang awam, fans seperti saya yang mengamati AB Three sejak belum memiliki album berkata ‘tidak’. Ada lagu lain yang lebih enak dijadikan single.

Sejak itu, grup vokal ini seakan meredup. Mungkin karena kesibukan rumah tangga atau proses kehamilan menjadi salah satu kendala. Kemudian di tahun 2009 dengan nama baru Be3 (dibaca : bi tri) mengeluarkan single Cinta Sampai Mati. Lagi-lagi ini pun menurut saya gagal. Lagu jenis ini kalo untuk konten album, oke. Tapi kalo jadikan single andalan, NO!

Lagi, ditahun 2012 single Be3 yang berjudul Andaikan mulai direlease. Lagunya bagus, melodinya enak dan ada ciri khas Be3. Sayang sekali, pada saat itu Be3 jarang sekali tampil di acara tv atau acara off air membawakan single Andaikan. Tidak terdengar ada kunjungan radio untuk promo untuk single Andaikan, dan single ini pun kembali tenggelam….

Konser Dream of My Heart

Itu berarti, selama 6 tahun terakhir, Be3 tidak mengeluarkan satu album pun. Eksistensi trio emak-emak gaul ini hanya tampil di acara tivi reguler, reality show, bintang tamu di ajang pencarian bakat, dan lainnya. Publik dan fans baru antusias lagi menyimak Be3 saat dua bulan lalu sering muncul di berbagai media untuk promo konser tunggal. Hebat!

Khabarnya konsernya menuai sukses! Biasanya ‘kan kalo ada album baru, ada tour berbagai kota dalam bentuk konser. Momentumnya dibuat begitu. Pas memang. Sementara, konser Be3 dibuat dalam rangka memperingati 20 tahun berkarya. Wow…!
image

Semoga, konser tersebut menjadi spirit tersendiri buat Be3. Sebagai fans, saya hanya mengharapkan ada karya selanjutnya sesudah konser ini., baik berupa album baru, atau album akustik, atau apapun (merilis dvd konser misalnya). Ada website yang bisa dikunjungi untuk mencari informasi seputar Be3. Saya sudah senang, ada akun resmi di twitter, akun youtube, semoga ada interaksi harmonis antara Be3 dan BeFriends. Semoga….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s