Membibitkan Bunga Telang

Saya masih penasaran dengan Bunga Telang. Pernah mencoba membibitkan dari bijinya, tapi gagal karena kelalaian-lupa menyiram hingga akhirnya bibit yang sudah berkecambah itu mati. Akhirnya, dua minggu lalu saya mulai membibitkan lagi. Terinspirasi dari penjual sayuran di pasar tradisional, yang menjual kacang merah basah yang sudah berkecambah dalam sebuah besek besar. Jadilah, saya merendam sekitar 10butir biji bunga telang dalam sebuah wadah, bekas air mineral yang dialasi dengan beberapa lembar tisu. Hasilnya?? Nihil…!! Biji bunga telang tetap keras dan tidak ada tanda-tanda akan berkecambah.

Nah, beberapa hari lalu, salah seorang pembaca blog saya menyarankan agar biji bunga telang itu ‘dilukai’ dengan pisau atau cutter agar air bisa masuk ke dalam biji. Saya pun mengikuti anjuran tersebut,m. Menaruh beberapa ‘biji yang terluka’ pada sebuah pisin yang diberi air. Ternyata benar! Setelah tiga hari, salah satu dari sekian biji yang dilukai itu mulai berkecambah. Wwaaahh senangnya….! Besok atau lusa, saya akan coba pindahkan bibit tersebut ke media tanam. Apakah kira2 saya berhasil menumbuh-kembangkan tanaman berbunga biru yang sudah jarang ditanam dipekarangan rumah ini?? Doakan, tanaman saya tumbuh ya temanz….🙂

One thought on “Membibitkan Bunga Telang

  1. Tersedia Bunga Teleng Kering
    Kemasan isi 220 bunga
    Kunjungi atau hubungi kami :
    0MAH COLOMADU
    Fransiska Anni
    081548649707
    Perum Cempaka Asri I
    Banukan Colomadu
    Karanganyar
    Dekat dari Kartosuro
    Dekat ke perempatan Colomadu

Tinggalkan Balasan

