Penawaran Promo & Diskon, Benarkah??

image

Menjelang akhir tahun, promo produk atau diskon besar2an menjelang akhir tahun, bertebaran dimana-mana. Hampir setiap mall ataupun toko, memajang SALE yang menggiurkan, up to 70%. Ada juga toko atau perusahaan yang merayakan anniversary dengan promo serupa.

Pertanyaann yang terlintas adalah : benarkah promo2 tersebut jujur?? Memangkas harga sebenarnya (sebagai dedikasi kepada pelanggan) atau sekedar trik untuk menarik pembeli?? Kasus yang sering dijumpai adalah menaikan harga terlebih dahulu, lalu memberi potongan diskon sebagai iming-iming. Aaahh….itu sudah biasa….

Bagaimana kalo hal itu terjadi pada produk makanan atau resto?? Ya, ada yang menawarkan diskon khusus bila menggunakan produk kartu kredit tertentu, dan besaran diskonnya juga masih umum sekitar 10% hingga 20%. Kalo ada promo seperti diskon 50% atau buy 1 get 1 free, nah kalo itu, menurut saya wajib dicurigai.

Suatu hari, saya mendatangi sebuah restoran cepat saji, untuk mendapatkan promo paket tertentu. Setelah berjuang melalui antrian yang panjang, saya pun menanyakan paket yang dimaksud. Dengan enteng mereka menyebutkan kalo paket tersebut habis, atau sedang kosong (saya lupa). Saya bingung mau pilih menu apa, karena ini diluar dugaan dan semua menu yang terpampang terasa cukup mahal. Saya melihat2 gambar menu dan mencari yang termurah dengan bimbang….antrian di belakang sudah sabar menunggu saya yang diam membisu belum menentukan pilihan…. Akhirnya, dengan sangat-sangat terpaksa memilih menu yang tidak diharapkan (daripada balik kanan dan tidak memesan apapun setelah antri sekian lama). Udah itu, menyesal dan kecewa…..

Pernah juga ke sebuah restoran pizza yang menawarkan diskon 50% untuk produk tertentu, dihari tertentu. Setelah memesan produk diskon, saya perhatikan menu pesanan. Ah, ternyata menu diskon itu tidak secetar harga normal.  Tampilannya tampak lebih sederhana, seperti ada yang kurang. Lagi-lagi saya membesarkan hati : namanya juga harga diskon….😐

Belum lama ini, ada momen tanggal unik 11.12.13 alias tanggal 11 Desember 2013. Beberapa tempat makan merayakan dengan memberi diskon khusus. Tidak tanggung2, diskon yang diberikan adalah 36% (11+12+13). Diskon yang lumayan untuk sebuah rumah makan. Maka, berbondong2lah kami ke rumah makan tersebut. Sepertinya, promo diskon 36%-nya jitu. Terbukti rumah makan tersebut penuh, dan motor pun sulit parkir. Tetapi, bagaimana dengan menu makanannya?? Kami hanya bisa bandingkan dengan menu yang sama, yang sebelumnya selalu kami pesan, yaitu Italian Baked Sushi. Begitu menunya datang saya terbelalak dan bertanya “ini apaaa?? Hah Italian Baked Sushi??”. Kening saya berkerut, nyaris tak percaya. “Kok beginiii…..” cuma itu yang keluar dari mulut saya… Pengen tau bedanya???

Ini Italian Baked Sushi, diskon 36%
image

image

dan ini, menu yang sama, HARGA NORMAL! Jelas jauh berbeda bukaaann??

*namanya juga harga diskon*

Semalam, saya mengunjungi (lagi-lagi) restoran cepat saji di kawasan San Diego Junction (baca : Simpang Dago). Jauh-jauh dikunjungi karena seorang teman yang bekerja di sebuah bank, mengabari promo BUY 1 GET 1 FREE yang kerjasama bank tersebut-dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Setelah berkoordinasi dengan sejumlah teman, yang memiliki kartu dari bank tersebut-berbondong2lah kami ke San Diego Junction, untuk paket Prosperity Combo

image

Dan hasilnya?? Si mbak2 kasirnya bilang : maaf, mesin debit sedang error, tidak bisa digunakan….. *dengan senyum manis yang sudah terlatih – seakan minta diképrét* Perayaan sebuah bank, ulang tahun ke 118, memberikan promo buy 1 get 1 free, dan pada hari ‘yang indah’ itu, mesin debit tidak berfungsi. Ok, fine!!!

Menyebalkan memang. Well, itu hanya sekelumit pengalaman yang kalo diperhatikan, mau-tidak-mau, saya menjadi curiga manakala ada promo yang mencurigakan. Jangan….jangan….. zzzz…..zzzz……*mendingan tidur aja deeeh*

Ilustrasi ‘diskon’ diambil dari sini

Tinggalkan Balasan

