Taman Jomblo dan Taman Pustaka Bunga di Bandung

Selain hutan kota Babakan Siliwangi (Baksil) yang menjadi salah satu paru-paru kota, Bandung juga memiliki banyak taman kota. Ada Taman Ganesa, Taman Lansia, Taman Maluku, Taman Cilaki, Taman Cibeunying, Taman Taman Tegal Lega dan yang lainnya. Tapi sebagian taman-taman tersebut tidak terawat, kotor, jabrik, kalau malam tampak gelap dan bagi sebagian orang tampak menyeramkan.

Nah, ditangan seorang arsitek Ridwan Kamil-Walikota Bandung terpilih saat ini-taman-taman tersebut mulai dibenahi satu persatu. Taman Ganesa sedang direnovasi. Taman Lansia dan Taman Cilaki pun dibenahi menjadi lebih cantik dengan fasilitas hotspot wifi gratis. Sedangkan Taman Dago atau Taman Cikapayang sudah terlebih dahulu menjadi tempat nongkrong favorit berbagai komunitas seperti komunitas skater, komunitas sepeda dan sebagainya. Yang Terbaru adalah Taman Jomblo dibawah jalan layang Pasupati dan Taman Pustaka Bunga yang menggantikan nama Taman Cilaki.

image

Kang Emil-sebutan kami untuk walikota paling gaul sedunia – menyulap Taman Cilaki menjadi Taman Pustaka Bunga yang menawan. Taman yang terletak di jalan Cilaki diapit Taman Lansia, Gedong Sate dan Cisangkuy ini bertahun-tahun hanya menjadi taman suram dengan rumput dan tanaman yang mirip semak-semak saja. Tidak terurus dan tidak terawat yang kalau malam gelap gulita. Sekarang, keadaan dan tampilannya sudah berbeda. Taman Cilaki sudah berganti menjadi Taman Pustaka Bunga yang cantik dan membuat betah orang-orang yang berkunjung. Malam hari pun, walaupun taman ini ditutup, tampak terang benderang dengan penerangan lampu dan dijaga oleh petugas.

image

Saya masuk ke taman ini melalui jalan Citarum (depan pedagang2 loak). Pintu masuknya ada di samping sebelah kiri, dan dijaga oleh satpam. Begitu masuk beberapa langkah saja, kita disajikan dengan beragam tanaman anggrek dan kolam air mancur. Ada banyak jenis anggrek yang indah disini. Anggrek-anggrek tersebut bersanding dengan tanaman-tanaman lain yang semarak berwarna-warni. berjalan terus makin kedalam, kita disuguhi tanaman beraneka macam, lengkap dengan nama-nama keterangan bunga tersebut.
image

Taman ini terbelah oleh sungai kecil, atau biasa disebut Sungai Cilaki. Dibuat jembatan mini dari besi yang dicat merah untuk menghubungkannnya. Bagus, dan banyak orang yang berfoto-foto di jembatan merah tersebut. Ditaman ini juga tertera tulisan Free Wifi walaupun saya tidak sempat mencobanya.

image

Berbeda dengan Taman Pustaka Bunga, Taman Pasupati atau yang lebih dikenal dengan Taman Jomblo adalah sebuah lahan terbuka di bawah Jalan Layang Pasupati. Letaknya di perempatan Jl. Tamansari samping Baltos. Konon taman ini sengaja didesain khusus untuk anak-anak muda yang jomblo. Maka, tempat duduk yang ada disini dibuat kotak-kotak seperti kubus berwarna-warni yang hanya cukup untuk diduduki satu orang saja. Jadi, yang mau pacaran menyingkir dulu yaaaa….

image

Taman ini khusus untuk yang single. Sementara tanaman hijaunya terletak di sebelah barat di beberapa sudut saja. Ada lampu sorot yang akan menerangi taman ini kalo malam (jadi jangan harap bisa mesum disini ya!), Seperti taman-taman lain, disini juga disediakan free wifi dan tempat sampah ramah lingkungan. Jadi, yang ingin segera mendapatkan jodoh, datang dan duduk-duduk saja di taman ini, karena ada banyak jomblowan dan jomblowati yang datang kesini dengan dalih berfoto-foto. Yeeaaayy….

image

One thought on “Taman Jomblo dan Taman Pustaka Bunga di Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s