Betutu Lalah, Rasa Bali Otentik di Kawasan Priangan

Bila ingin mencicipi hidangan atau masakan khas Bali, gak usah jauh2 datang ke Bali. Kita bisa datang ke sebuah resto yang menyajikan hidangan Bali dengan rasa rempah-rempah yang otentik. Adalah Betutu Lalah, sebuah restoran kecil di Jl. Cihampelas Bandung, tepatnya disamping kedai Baso Semar.

image

Disini, lidah kita akan dimanjakan dengan hidangan khas ala bali. Ada Ayam Betutu, Bebek Betutu, Nasi Campur Bali, Sambal Mattah, Sate Pusut atau Sate Lilit, dan lain2nya. Desain interior resto dilengkapi dengan lukisan-lukisan dan ornamen2 khas bali. Musik gamelan khas bali, mengalun pelan dan lembut, menambah suasana menjadi lebih eksotis.

image

Ayam Betutu yang disajikan disini, menurut saya enak. Dagingnya empuk, bumbu rempahnya meresap dan ukurannya cukup untuk menambah nasi 1 porsi lagi. Disajikan dengan kuah terpisah, kuah kuning ini seperti kuah kari atau gulai dengan aroma khas. Ada tetelan daging, irisan serai dan bayam. Rasanya legit, enak! Sedangkan untuk sayurannya, Lalap adalah paduan yang pas. Lalap yang dimaksud disini adalah potongan kacang panjang muda, yang dipotong melintang, dimasak dengan santan. Lagi-lagi, sayuran ini juga enak. Bila sebelumnya kurang suka tumis kacang panjang, insha Alloh, kalo mencicipi masakan kacang panjang ini, pasti jadi suka, karena menggunakan kacang panjang muda yang empuk dan lembut saat digigit. Hmmmm lezzaaattt.

image

Sedangkan Nasi Campur Bali, adalah sepaket nasi lengkap dengan lauk pauknya, yang tentu saja khas Bali. Nasi Putih, dilengkapi dengan dendeng sapi, lalap, telur bumbu bali, sate lilit, rempeyek dan sambal mattah. Porsi ini cukup lengkap dan memuaskan. Tapi buat saya, tetap harus nambah nasi 1 atau 1/2 porsi lagi hehehe.

Setiap hidangan disini, dilengkapi dengan sambal mattah, yaitu sambal yang terdiri dari irisan bawang merah mentah, cengek, garam dan bumbu yang disiram dengan minyak sayur. Rasanya enak, dicocol nasi. Bahkan, saya sampe minta tambahan sambal mattah-nya, dan diberi seporsi lagi….(saya gak ngecek di bill, apakah ditambahkan ke bill atau tidak-tapi siapa peduli, kalo rasanya enak dan bikin makan tambah nikmat).

image

Disini, ada juga sate ayam. Soal bumbunya, saya tidak merasa ada yang aneh, mirip sate2 pada umumnya. Yang jelas, ayamnya empuk (tanpa lemak) dan bumbu kacangnya juga enak. Saya kira akan ada rasa ‘bali’-nya, atau penambahan rempah apa gituh, yang asing di lidah. Ternyata tidak, mirip sate pada umumnya, dan satenya enak.

Jadi, buat yang suka hidangan berempah khas Bali, gak usah jauh2 datang Bali, kesini saja. Rasanya lezat, harganya terjangkau (walaupun berbicara harga mah relatif, tapi menurut saya masih standarlah). Dan pramusajinya mengatakan hidangan disini halal, nah itu yang penting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s