Arief Riefra Pelukis Sketsa, Ciamikkk!!

Banyak pelukis sketsa wajah di belahan bumi nusantara. Pelukis sketsa wajah, biasanya mahir memainkan pensil dijemarinya. Lewat arsirannya yang luar biasa terciptalah lukisan yang akurasinya sangat mirip dengan foto aslinya, sangat hidup. Seringkali, kita dibuat kagum dengan lukisan sketsa. Sebagai orang yang awam terhadap seni lukis, saya lebih bisa menikmati seni sketsa ini, dibandingkan seni lukis lain yang bersifat abstrak.

image

Salah seorang seniman pelukis sketsa yang saya kenal adalah Arief Riefra. Sahabat saya ini, sudah sering melukis sketsa wajah selebritis, baik selebritis Indonesia maupun seleberitis dunia. Beberapa karyanya masih terpampang di website resmi Mariah Carey (bagian fans art). Tak jarang, lukisan karya Riefra-begitu biasa saya memanggilnya-mendapat pujian dari tokoh selebritas yang dilukisnya. Tak kurang aktor seperti Chaning Tatum, penyanyi Anggun, Titi Dj dan novelis Dewi ‘Dee’ Lestari memuji kemampuan sketsa Riefra. Lukisan sketsa wajah karya Riefra, dapat dilihat di website devianart, klik disini

image
Beberapa testimonial dari selebritis yang dilukisnya🙂

image

image
image

Berawal dari menonton film Titanic, dimana ada satu adegan pelukis Jack Dawson yang diperankan Leonardo Dicaprio melukis kekasihnya, Rosse yang diperankan Kate Winslet. Riefra, memperhatikan bagaimana teknik melukis sketsa yang dilakukan Jack di film tersbut. Film Titanic benar-benar telah menginspirasi. Beberapa kali mencoba melukis sketsa dirumah, akhirnya pria kelahiran 5 Oktober ini berhasil membuat sketsa yang pertama, yaitu lukisan sketsa wajah Kate Winslet yang menginspirasinya untuk melukis sketsa. Ssstttt…saya berhasil membujuk Riefra untuk memperlihatkan karya pertamanya, ini dia tadaaaaa…..
image

Baguuus, untuk standar melukis perdana. Mungkin bakatlah yang lebih kuat, karena kalo hanya mengandalkan nonton Titanic saja, saya kira hasil sketsa-nya pasti plintat plintut, hehehe. Walaupun, menurut pengakuan Riefra-di sketsa perdana ini, Kate Winslet bagaikan pake bedak dari arang (atau dalam bahasa sunda mah mehooong) alias ada gemblok-gemblok hitam diwajahnya. Hahaha…. Tapi seiring berjalannya waktu, seiring latihan dan jam terbang…maka hasil karya Riefra untuk lukisan sketsa Kate Winslet menjadi lebih hidup dan sangat smooth…seperti ini misalnya…

image
Lukisan Kate Winslet tahun 2010 karya, Arief Riefra

image

Iseng dan uji coba melukis sketsa wajah dilakukan pada selebritis favoritnya, atau selebritis yang dirasa memiliki karakter cukup kuat untuk dijadikan media sketsa. Mariah Carey, Anggun, Angelina Jolie, Chaning Tatum, Rio Ferdinand, Dian Sastro, Titi Dj, Dewi Sandra dan sederet selebritis lain, berhasil dilukis dengan tingkat kemiripan yang luar biasa. Kadang untuk menambah ‘kekuatan’ saat melukis sketsa penyanyi tertentu, Riefra sengaja memutar lagu2 dari artis yang dilukisnya. Misal saat melukis almarahumah Nike Ardilla, maka lagu2 Nike mengalun saat proses melukis, dan hasilnya bisa menjadi lebih bagus.

image

Saya pun pernah dilukis oleh, Riefra, silahkan dinilai…apakah lukisan ini mirip saya??
image

Dibawah ini adalah lukisan sketsa favorit Riefra. Lukisan Monica Belluci ini terjual di helatan 5 tahunan PASAR SENI ITB, tahun 2010 silam. Riefra berharap, pembelinya menyimpan dan merawat lukisan ini. Membeli karena memang menyukai seni lukis, dan menghargai karya karena memang pantas dihargai. Bukan sekedar karena mampu membeli kenang Riefra, pada suatu kesempatan.

image

Tertarik untuk membuat lukisan sketsa orang yang terkasih, sahabat atau keluarga sebagai hadiah atau kado?? Silahkan kirim email ke riefra2@yahoo.com atau kirim DM via saya, nanti saya kasih nomor kontaknya. Tinggal siapkan saja foto yang ingin dilukis sketsa wajahnya, sebisa mungkin foto dengan resolusi kualitas baik, agar hasilnya bisa lebih bagus dan detail. Jangan takut soal harga, karena Riefra bukan tipe yang asas manfaat atau aji mumpung. Tapi, harus sabar juga, jika mood melukisnya belum muncul, karena memang tidak bisa dipaksakan. Kembali ke soal harga dilukis sketsa sama Riefra, nanti saya bisikin deehh….

image

Bila tertarik mengapresiasi seni lukis sketsa, bergabunglah dengan Riefra’s Art di Facebook dengan like FansPage untuk mendapatkan update terbaru seputar lukisan sketsanya. Boleh juga follow dan mention ke @AriefRiefra untuk pertanyaan dan diskusi (walaupun beberapa bulan terakhir, Riefra tampak kurang aktif berkicau di twitter).

Selamat ulang tahun, ya Riefra…semoga dari pensil2 ditanganmu, selalu muncul karya-karya seni sketsa terbaik…. teruslah berkarya…!!

Foto2 diambil dari DevianArt dan Facebook Fans Page Riefra’s Art

One thought on “Arief Riefra Pelukis Sketsa, Ciamikkk!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s