Menjajal Kehebatan Fungsi Macro pada Kamera Smartphone

Jaman sekarang, hampir setiap smartphone dibekali dengan kamera canggih. Mulai dari kerapatan pixel yang tinggi, fasilitas AF (AutoFocus), Fungsi Macro, Panorama dll. Walaupun, tidak semuanya memiliki fasilitas tersebut, namun pada umumnya, smartphone pada level menengah pasti tersemat fitur-fitur tersebut.

Pernahkah mencoba dan mengoptimalkan salah satu fungsi tersebut?? Saya sudah beberapa kali mencoba fungsi macro yang ada di smartphone. Fungsi macro adalah fasilitas untuk memotret dari jarak yang sangat dekat. Jaraknya antara 5 cm sd 3 cm dari objek foto yang kita bidik. Hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan bisa detail tanpa blur. Dulu, smartphone yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy Ace 1, dengan kamera 5MP AutoFocus. Sekarang, saya menggunakan Galaxy Tab 3 versi 8 inchi dengan resolusi yang sama 5MP. Saya pun mencoba menggunakan smartphone lawas paling beken sedunia dari vendor Apple yaitu iPhone 4s. Tapi, saya harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan hasil foto yang tajam. Mungkin saya belum terbiasa dengan iPhone, sehingga untuk kategori “macro function” saya lebih prefer menggunakan smartphone vendor Samsung.

Berikut adalah hasil foto yang pernah saya bidik menggunakan smartphone dengan fungsi macro.
image

Foto bunga ini dibidik menggunakan Samsung Galaxy Ace 1. Bunganya kecil, sebesar kuku jempol. Saat saya memotret, sekenanya aja, karena tepat siang hari jadi saya tidak bisa melihat dengan jelas ke layar smartphone. Tapi pas dilihat ditempat teduh, saya takjub dengan hasilnya. Foto macro ini terbilang sukses, karena bisa menampilkan tekstur gurat pada putik dan benang sari dengan detail.

image

Walaupun tidak sesukses foto sebelumnya, tapi kerut dan tekstur gerigi pinggiran pada kelopak bunga berwarna ungu ini masih terlihat baik. Foto diambil saat masih menggunakan Samsung Galaxy Ace 1.

image

Foto ini menggunakan Samsung Galaxy Tab 3 8″. Saya berhasil mengcapture butiran embun yang melekat pada daun serai di pekarangan rumah. Walaupu tidak secanggih kamera digital atau SLR, tapi lumayan. Fungsi Macro-nya memuaskan.

image

Serangga bersayap ini sangat kecil, kira-kira sebesar beras. Tapi, saya berhasil meng-capture. Walaupun bulu di kakinya, gerigi sayapnya-tidak terlalu mendetail. Tetapi ini sudah lebih dari cukup.

image

Nah, kebayangkan si mungil kepik ini sebesar apa?? Dibandingkan dengan biji kacang kedele pun masih, kepik masih lebih kecil. Saya memotret lebih dari 10x untuk mendapatkan detail totol-totol pada punggungnya. Menggunakan Samsung Galaxy Tab 3 8″, hasilnya tidak mengecewakan.

image

Bukan suatu kebetulan dipagi hari, manakala bunga di tepi jalan ini tetiba muncul dalam tatapan lengkap dengan ‘berlian’ pada beberapa helai kelopaknya. Aiiihh, cantikanya kamuuuhh… Foto menggunakan Galaxy Tab 3 8″.

Tinggalkan Balasan

