Taman Kota di Bandung : Taman Revitalisasi Sungai Cikapayang

image

Sepanjang jalan Merdeka setelah BIP, taman ini membentang di sayap kiri Balaikota Kota Bandung. Anak Sungai Cikapayang yang direvitalisasi, dibendung dan diberaihkan dari hulu, hingga mengalir bersih ke hilir dan layak untuk cuci kaki, atau sekedar basah2an bermain air.

image

Sungai Cikapayang ini menjadi pedestrian kota sepanjang jalan Merdeka. Trotoar yang hiasi tanaman dan bebatuan. Ada tempat duduk berupa bangku2, dan ada pula petunjuk dan informasi sosialisasi tentang sungai. Tulisan dan himbauan sosialisasi agar kita lebih peduli pada lingkungan terutama sungai terpampang dalam bentuk plang khusus.

Berjalan terus ke selatan ke arah bawah pesdestrian ini bukan hanya trotoar cantik dengan sungai kecil. Bangku dan lampu jalan yang melengkapinya, sungguh menunjukkan kemajuan kota Bandung sangat pesat. Sungai Cikapayang yang airnya sudah tersaring bersih, mengalir dangkal ke bagian sungaiberbatu-batu yang sudah didesain sedemikian rupa. Anak-anak, biasa bermain disana dan berbasah-basah dengan riang gembira. Ada juga play ground, seperti ayunan dan perosotan, membuat taman ini menjadi makin di favoritkan oleh setiap keluarga.

image

Tak jauh dari sana, tepat di seberang SD Banjarsari, terdapat ruang terbuka yang lebih luas. Taman dengan ornamen bebatuan (mengingatkan pada film animasi Brave), bersanding dengan tanaman hijau diteduhi pohon2 besar. Salah satu pohon karet besar dwngan janggut menjuntai, menjadi favorit untuk sekedar gelayutan disana. Bahkan menurut pak Walikota Ridwan Kamil, janggut pohon karet tersebut sudah biasa digelayuti sejak masih SD, pada jam istirahat. (Pak Wali bersekolah di SD Banjarsari).

image

Seruuu, coba deh datang ke taman ini……

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s