Konser Afgan S I D E S Indonesia Tour 2016, Meriah!!

image

Menandai peluncuran album ke 4, penyanyi pria muda berbakat Afgan, mempersembahkan sebuah konser berjudul SIDES Indonesia Tour 2016. Rangkaian tour di tahun 2016 ini diawali di Kota Bandung, semalam di Trans Convention Centre. Dihadiri ribuan penggemarnya yang datang dari berbagai kota–dan bahkan dari Malaysia dan Brunai–konser semalam berlangsung meriah.

image

Dua jam sebelum gerbang dibuka, antrian dan kerumunan fans Afgan sudah terlihat mengular di depan gerbang Trans Convention sejak pukul 17.30. Dengan sabar, mereka menunggu untuk bertemu dengan penyanyi pujaannya yang akan membawakan singgel terbarunya berjudul Kunci Hati. Suasana di sekitar convention diramaikan oleh booth dari produk sponsor yang menyediakan spot unik untuk berfoto.

image

Konser dimulai pukul 20.00, dan Afgan menggebrak dengan lagu-lagu bertempo cepat, seperti lagu Pesan Cinta & Katakan Tidak. Selanjutnya, konser mengalir seperti biasanya. Cara Afgan berinteraksi dengan penonton juga biasa saja, tidak ada gimik yang menggigit. Bahkan Afgan tidak menyapa dalam bahasa sunda, celetukan bahasa daerah yang digunakan masyarakat pada umumnya di kota Bandung. Padahal, jika ini dilakukan, walaupun ucapannya salah biasanya akan menjadi momen intim bersama penonton dan menjadi gimik kelucuan yang menghibur, mengangkat kearifan budaya lokal. Dan Afgan tidak mengambil poin disana……

Persembahan Afgan sedikit menarik di lagu Knock Me Out. Lagu yang dibawakan dengan perpaduan video mapping–dimana Afgan menari dengan berlatar shiluet/bayangannya sendiri dalam beberapa bagian lagu, itu terlihat artistik dan berkonsep. Afgan pun memperkenalkan beberapa lagu baru yang ada dalam album SIDES, diantaranya berjudul Kunci Hati, singgel yang baru saja dirilis beberapa hari lalu. Sedikit menceritakan proses kreatif dalam pembuatan album SIDES, dimana Afgan terlibat dalam pembuatan lagu, penulisan lirik. Afgan menyebutnya bahwa proses “menjadi dewasa”.

image

Afgan membawakan hitsnya seperti Bawalah Cintaku, Jodoh Pasti Bertemu, Percayalah, dan lalinnya. Melengkapi kemeriahan, Afgan menyajikan tributes kepada sang idola, Michael Jackson, mengcover lagu Coldplay serta lagu Sorry-nya Justin Bieber. Kehadiran sang diva Rossa, berduet di lagu We Dont Talk Anymore dan lagu Kamu Yang Kutunggu benar-benar serasa bintang tamu tempelan sesaat. Kurang greget! Banyak peluang untuk bisa memancing emosi penonton, dan komunikasi lebih santai mengingat Rossa adalah orang sunda. Tapi sayang, sang diva tampil seperti terburu-buru, lalu menyanyikan 2 lagu, setelah itu bhay!

Konser SIDES Indonesia Tour 2016 ditutup dengan lagu Terima Kasih Cinta dan Panah Asmara. Dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Ibu Atalia, konser ini seperti layaknya konser-konser Afgan yang pernah ditayangkan di stasiun TV swasta pada umumnya. Cukuplah untuk mengisi malam mingguan. Sebagai penyanyi, Afgan makin matang, dewasa terlihat banyak kemajuan. Tetapi sebagai penghibur dalam sebuah pagelaran konser–yang biasanya memiliki kekuatan memorable, sepertinya Afgan masih harus belajar banyak.



Semoga album SIDES-nya sukses!!

***

One thought on “Konser Afgan S I D E S Indonesia Tour 2016, Meriah!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s