IWAKO Gardening, Jurnal dan Proses Kemajuan Taman Rancamanyar

image

Sebulan telah berlalu, sejak pembuatan taman di pekarangan rumah seorang kawan di Cluster Paniisan Rancamanyar. Alhamdulillah, selama 1 bulan usia taman tersebut, tumbuh baik. Rumput hijau dan tumbuh subur, rapat menutupi tanah. Tanaman tampak segar. Hanya saja tanaman teratai sedang tidak berbunga. Walaupun begitu, tanaman teratai yang saya simpan dalam baskom gerabah, tampak hijau dan segar. Penambahan patung air mancur (wanita membawa kendi air) dan patung air mancur kura2 menjadi aksen pemanis. Sebetulnya, saya hanya menyarankan satu patung saja. Tapi, pemilik rumah menghendaki patung kura2 juga. Well, tak masalah….tapi saya malah ingin menambahkan 1 bangau berukuran lebih kecil yang bentuknya berbeda sebagai penambah ornamen taman.

image

Saya masih belum punya formula, bagaimana agar tanaman Kastuba yang berdaun merah menyala itu tetap berwarna merah (dan jangan terlalu cepat berubah menjadi hijau) Atau minimal aweeet warna merahnya. Karena bila sudah lebih dari 3 bulan, bisa jadi tanaman Kastuba menjadi berwarna hijau semuanya….dan kurang cantik lagi.

image

Kepada pemilik rumah, saya mengusulkan untuk mengganti 2 buah batu ornamen. Yang ini, saya masih menggunakan batu pondasi sebagai penyeimbang warna hijau–penyeimbang kesan lembut. Idealnya, batu tersebut diganti dengan batu kali (atau batu dari pantai yang bertekstur lembut tapi sangat kuat). Biasanya batu di cat coating mengkilat agar terlihat tampak basah dan terlihat indah. Walaupun belum mendapat persetujuan dari pemilik rumah (mungkin terbentur dengan anggaran), tapi saya masih upayakan, agar seimbang dan lebih enak dipandang.

Demikian jurnal perawatan dan kemajuan taman ini. Untuk info pembuatan taman, dapat menghubungi :
IWAKO Gardening by Ridwan Spektra
Telp./WA : 0838.20100.971
Pin BBM : 765348FF (respon lebih cepat)

▪▪▪

Tinggalkan komentar